EVALUASI SISTEM PENTANAHAN TRANSFORMATOR DAYA 150 KV PT. PLN (PERSERO) PAUH LIMO PADANG DENGAN MENGGUNAKAN GUI (Graphical User Interface )

ADE, ANISA and Arnita, Arnita and Ija, Darmana (2017) EVALUASI SISTEM PENTANAHAN TRANSFORMATOR DAYA 150 KV PT. PLN (PERSERO) PAUH LIMO PADANG DENGAN MENGGUNAKAN GUI (Graphical User Interface ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ADE ANISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sistem pentanahan pada transformator daya merupakan perlengkapan keamanan yang amat sangat penting. Dimana Pentanahan pada transformator daya berfungsi untuk menghindari bahaya-bahaya terhadap orang yang berada di daerah transformator daya atau terhadap peralatan listrik yang terdapat pada transformator tersebut. Sistem pentanahan transformator daya biasanya terdapat pada sisi titik netral transformator. Penelitian dilaksanakan pada transformator daya Gardu Induk Pauh Limo Padang paulwels/orf60/275 dengan daya 60 MVA. Evaluasi pentanahan transformator daya dilakukan dengan membandingkan nilai tahanan pentanahan transformator daya yang ada saat ini dengan standart pentanahan menurut NFPA dan IEEE. Berdasarkan hasil perhitungan nilai tahanan pentanahan transformator yang terdapat pada transformator daya unit 1 gardu induk pauh limo yang dilakukan dengan tiga kali pengukuran dengan nilai rata-rata pentanahan transformator didapat 2,353 ohm dan nilai rata-rata pentanahan elektroda sebesar 15,8 ohm, maka pentanahan transformator daya unit1 gardu induk pauh limo masih baik dan telah memenuhi standard pentanahan NFPA dan IEEE yaitu ≤ 5 �. Jadi tahanan pentanahan yang ada pada transformator daya 60 MVA 150/20KV unit 1 GI pauh limo, Padang memenuhi standart yang layak digunakan. Pada pengevaluasian sistem pentanahan trafo daya unit 1 gardu induk pauh limo yang menggunan seistem pentanahan langsung (solid) dengan sebatang elektroda jenis pipa galvanis dengan panjang 1 m, peneliti mencoba menganalisis pentanahan tranfo daya dengan 1-4 batang elektroda dengan panjang elektroda yang 1-10 m dan diameter elektroda 18 , 35 , dan 50 . Makin panjang elektroda batang ditanam dalam tanah dan makin besar diameter elektroda yang digunakan, maka tahanan kontaknya terhadap tanah akan semakin kecil karena menurunnya tahanan jenis tanah dan bertambahnya luas permukaan tanah yang terkena elektroda. Untuk pendapatkan nilai pentanahan yang lebih kecil dan dibawah standart pentanahan menurut IEEE yaitu dengan menggunakan 4 batang elektroda dengagan panjang elektroda 10 m dan diameter elektroda 50 dapat mereduksi nilai pentanahan sebesar 2,7623 ohm. Kata kunci: pentanahan; transformator daya; elektroda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:15
Last Modified: 16 Jan 2024 08:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18064

Actions (login required)

View Item View Item