PENGARUH PENCAMPURAN PROBIOTIK PADA PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSAN HIDUP IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus)

ELVIN JUNIUS ZENDRATO, ELVIN JUNIUS ZENDRATO (2017) PENGARUH PENCAMPURAN PROBIOTIK PADA PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSAN HIDUP IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
skripsi upload.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RINGKASAN NAMA ELVIN JUNIUS ZENDRATO NPM 1310016111014 JUDUL PENGARUH PENCAMPURAN PROBIOTIK PADA PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSAN HIDUP IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus). DIBIMBING OLEH Dr. Ir. USMAN BULANIN, MS Prof. Dr. Ir. M. AMRI, M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencampuran probiotik pada pakan dengan dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelulusan hidup ikan Baung (Hemibagrus nemurus). Penelitian ini diharapkan menjadi tambahan pengetahuan tentang pemanfaatan probiotik dalam kegiatan budidaya sehingga dapat memberikan keuntungan bagi pembudidaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret- Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan acak lengkap yaitu 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan B, C, D dengan pencampuran probiotik dengan dosis masing-masing 6 ml, 8 ml, 10 ml per kg pakan sedangkan perlakuan A tanpa pencampuran probiotik (kontrol). Peubah yang diamati dalam penelitian ini yaitu laju pertambahan panjang dan berat, tingkat kelulusan hidup, serta kualitas air pada media pemeliharaan ikan Baung (Hemibagrus nemurus). Hasil pengamatan yang dilakukan selama penelitian menunjukkan bahwa perlakuan D dengan penggunaan dosis probiotik tertinggi menunjukkan tingkat pertambahan panjang dan berat yang tertinggi serta kelulusan hidup yang terbaik yakni ( 9,36 cm, 7,16 g, dan 60 % ), disusul oleh perlakuan C yakni ( 8,48 cm, 5,81 g, dan 48 % ), seterusnya perlakuan B yaitu ( 7,82 cm, 5,79 g, dan 41,33 % ), dan yang terakhir perlakuan A (kontrol) yakni ( 7,59 cm, 4,64 g, dan 36 % ). Hasil analisis statistik selama penelitian menunjukkan bahwa pencampuran probiotik pada pakan memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap pertambahan panjang dan berat serta kelulusan hidup ikan Baung (Hemibagrus nemurus).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:15
Last Modified: 22 Jan 2024 03:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18128

Actions (login required)

View Item View Item