Lusi, Novita sari and Dewi, Kania Izmayanti and Irma, Irma (2016) Pachinko Sebagai Kebudayaan Massa Masyarakat Jepang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
17. COVER.pdf Download (625kB) |
|
Text
17. SKRIPSI.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jepang merupakan Negara maju yang memiliki keanekaragaman budaya. Kebudayaan yang dimiliki dalam suatu masyarakat selalu tumbuh dan berkembang secara dinamis yang semakin lama semakin terbuka untuk penyesuaian dengan segala perkembangan yang terjadi di berbagai kehidupan. Seiring dengan kemajuan media informasi, informasi dengan mudah mengalir masuk dan hal – hal baru pun dengan cepat tersebar luas di Jepang. Hal inilah yang menjadikan munculnya budaya pop. Menurut Yoshio Sugimoto dalam bukunya An Introduction to Japanese Society, budaya populer Jepang dapat dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama adalah sebagai budaya massa (mass culture), contoh dari budaya massa yaitu televisi, komik, Pachinko ( パ チ ン コ) dan lain-lain. Kategori yang kedua adalah sebagai budaya rakyat (folk culture), contoh dari budaya rakyat yaitu festifal Tanabata. Kategori ketiga adalah sebagai budaya alternatif (alternative culture), contoh dari budaya altenatif adalah munculnya berbagai sekte agama seperti gaya berpakaian Gangguro ( perempuan yang memakai dandanan berlebihan ). Dalam penelitian ini, yang akan dibahas lebih jauh adalah kategori budaya populer sebagai budaya massa. Budaya massa merupakan kebudayaan yang telah meluas seiring banyaknya permintaan konsumen dan perkembangan komunikasi massa yang diproduksi secara besar-besaran. Budaya massa diproduksi bukan oleh para seniman secara individual, melainkan oleh perusahaan dan dalam jumlah yang besar. Didukung dengan perkembangan media massa sehingga budaya yang diciptakan ini semakin dikenal dan dinikmati oleh masyarakat luas, bukan hanya kalangan tertentu saja. Pachinko merupakan kegiatan yang muncul pada zaman kontemporer. Pada awal kemunculannya pachinko pada waktu itu digunakan sebagai permainan untuk anak-anak. Seiring perkembangan teknologi dan media massa, pachinko menjadi permainan favorit masyarakat Jepang. Dalam penelitian ini penulis akan meniliti mengenai, pachinko sebagai kebudayaan massa masyarakat Jepang. Maka muncullah pertanyaan “bagaimana sejarah dan perkembangan pachinko di Jepang”dan “mengapa pachinko menjadi kebudayaan massa dan digemari masyarakat Jepang”. Metodologi penelitian yang akan penulis gunakan adalah deskriptif. Kata Kunci : Kebudayaan, kebudayaan massa, pachinko
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:17 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18253 |
Actions (login required)
View Item |