IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 290 TAHUN 2008 TENTANG PERSETUJUAN TINDAKAN KEDOKTERAN (Studi di RSUD H. Hanafie Muara Bungo)

Roni, Eka Putra and Maiyestati, Maiyestati and Yofiza, Media (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KESEHATAN NOMOR 290 TAHUN 2008 TENTANG PERSETUJUAN TINDAKAN KEDOKTERAN (Studi di RSUD H. Hanafie Muara Bungo). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Tesis - Roni Eka Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persetujuan tindakan kedokteran merupakan suatu keharusan dibuat oleh dokter sebelum melaksanakan tindakan kedokteran yang direncanakan ada pengecualian tidak memerlukan persetujuan tindakan kedokteran pada keadaan tertentu. Rumusan masalah yang diangkat adalah: 1) Bagaimanakah Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 290 Tahun 2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran di RSUD H. Hanafie Muara Bungo?; 2) Apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi oleh dokter dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 290 Tahun 2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran di RSUD H. Hanafie Muara Bungo?; 3) Apa sajakah upaya-upaya dilakukan oleh dokter untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 290 Tahun 2008 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran di RSUD H. Hanafie Muara Bungo?. Penelitian dilakukan menurut hukum empiris (sosio legal research) Data sekunder diperoleh dari studi dokumen. Data dikumpulkan, diolah, dianalisis dengan metode Analisis Kualitatif. Dengan hasil, pengimplementasian Permenkes Nomor 290 Tahun 2008 belum berjalan maksimal. Kendala adalah kurangnya pemahaman masyarakat terkait informasi diberikan karena bahasa daerah yang berbeda. Solusi atas kendala tersebut adalah dokter bedah berkomunikasi kepada keluarga pasien yang lebih memahami dan petugas kesehatan yang mengerti Bahasa daerah pasien. Kata Kunci: Peremenkes Nomor 290 Tahun 2008, Persetujuan Tindakan Kedokteran, RSUD H. Hanafie Muara Bungo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:11
Last Modified: 13 Mar 2024 07:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item View Item