PEMILIHAN KEMASAN PRODUK MAKANAN CEPAT SAJI YANG RAMAH LINGKUNGAN PADA UMKM MINARKO DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Wenita, Saputri and Dessi, Mufti (2024) PEMILIHAN KEMASAN PRODUK MAKANAN CEPAT SAJI YANG RAMAH LINGKUNGAN PADA UMKM MINARKO DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover- Bab 1 WENI.pdf

Download (586kB)
[img] Text
Bab 6- Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
TUGAS AKHIR_Wenita Saputri_1910017311010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat cenderung memilih kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan bahan sekali pakai untuk makanan cepat saji tanpa mempertimbangkan dampak jangka panjang terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis material yang ramah lingkungan dan cocok untuk produk Minarko. Styrofoam merupakan kemasan yang lama terurai ±500 tahun, hal ini sangat berbahaya untuk lingkungan. Untuk itu perlu di pilih jenis kemasan yang tepat untuk usaha ini. Pemilihan kemasan dilakukan berdasarkan pada kriteria ramah lingkungan, aman untuk kesehatan, ketersediaan kemasan dan perlindungan terhadap produk. Dengan kriteria tersebut dilakukan survey terhadap kemasan yang tersedia di Kota Padang, untuk pemilihan kriteria dan sub kriteria digunakan dengan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Responden yang digunakan adalah expert yang paham terhadap kandungan kemasan produk, customer yang paham dengan kandungan pada kemasan dan pemilik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Hasil yang di peroleh dari perbandingan kemasan yang dipilih yaitu responden lebih memilih kemasan biofoam karna kemasan ini sangat ramah lingkungan, aman untuk kesehatan dan melindungi produk. Waktu yang dibutuhkan untuk terurainya kemasan ini yaitu selama 60 hari dimana kemasan ini lebih cepat terurainya dari kemasan styrofoam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:43
Last Modified: 14 Mar 2024 06:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18570

Actions (login required)

View Item View Item