REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM FILM NIHONJIN NO SHIRANAI NIHONGO (STUDI SEMIOTIKA)

Milenia, Sevtiani and Dewi, Kania Izmayanti (2024) REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM FILM NIHONJIN NO SHIRANAI NIHONGO (STUDI SEMIOTIKA). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (697kB)
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jepang adalah salah satu negara yang berhasil mempertahankan budaya tradisionalnya sampai saat ini. Hal ini membuat Jepang selalu dilirik oleh berbagai negara lainnya dikarenakan pencapaiannya tersebut. Film Nihonjin No Shiranai Nihonggo ini merupakan salah satu bukti tingginya minat orang asing terhadap budaya Jepang. Tentu saja kecintaan budaya ini tidak hanya dirasakan oleh orang asing, namun juga dirasakan oleh para penduduk Jepang itu sendiri. Bukti kecintaan itu dituangkan di dalam setiap budaya Jepang. Budaya Jepang hampir secara keseluruhan mengandung unsur alam, dan juga Zen yang menggambarkan sebuah ketenangan. Tujuan dari penelitian adalah mendiskripsikan budaya Jepang yang tergambar dalam film Nihonjin No Shiranai Nihonggo . Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes yang membagi makna menjadi 3 bagian yaitu, makna denotasi, konotasi dan juga mitos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan metode simak catat . Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 8 budaya jepang yang muncul dalam film Nihonjin No Shiranai Nihonggo, yang terdiri dari 12 episode. Ke 8 budaya jepang tersebut ditemukan pada episode 2,3,5,7,8, dan 10. Episode 2 yang menampilkan Penggunaan Furoshiki, episode 3 yang menampilkan permainan Hanafuda, dan Kendou, episode 5 yang menampilkan Shouryouuma dan Kanji, episode 7 yang menimpulkan makan natto, episode 8 yang menampilkan Tata Cara Minum Teh, episode 10 menampilkan Ramalan Omikuji. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah seluruh makna konotasi dan mitos didalamnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan budaya Jepang. Kesimpulannya adalah kita bisa melihat budaya Jepang melalui media film yang bisa dimaknai secara denotasi, konotasi dan juga mitos. Kata Kunci : Nihonjin No Shiranai Nihonggo, Film, Roland Barthes, Makna Denotasi, Makna Konotasi, Makna Mitos.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SAJE FIB
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:17
Last Modified: 14 Mar 2024 03:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item