PERANAN UNIT PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK KEPOLISIAN RESOR PARIAMAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK KORBAN PENCABULAN YANG DILAKUKAN AYAH KANDUNG

Anggi Ramadhani, Anggi and Deaf Wahyuni Ramadhani, Deaf (2024) PERANAN UNIT PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK KEPOLISIAN RESOR PARIAMAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK KORBAN PENCABULAN YANG DILAKUKAN AYAH KANDUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI RAMADHANI FILE 1.pdf

Download (815kB)
[img] Text
SKRIPSI ANGGI RAMADHANI FILE 2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SKRIPSI ANGGI RAMADHANI 20-071 FILE 3.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (748kB)

Abstract

Tindak pidana pencabulan tidak hanya terjadi dikalangan masyarakat secara umum, namun terkadang juga terjadi dalam lingkup keluarga. Terhadap anak yang menjadi korban pencabulan diatur dalam Pasal 82 Ayat (1) dan (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Peranan Unit PPA dalam memberikan perlindungan anak diatur dalam Pasal 3 Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit PPA di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Anak yang menjadi korban pencabulan diwilayah hukum Polres Pariaman berhak mendapatkan perlindungan dari Unit PPA. Permasalahan: (1) Peranan Unit PPA dalam memberikan perlindungan terhadap anak korban pencabulan ayah kandung? (2) Apakah kendala yang dihadapi oleh Unit PPA dalam memberikan perlindungan terhadap anak korban pencabulan ayah kandung?. Jenis Penelitian yuridis empiris, sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: (1) Unit PPA sudah berperan dalam memberikan perlindungan, ini terlihat dari: kerja sama dengan dinas sosial dan P2TP2A, pendampingan keluarga, bantuan psikologis, penyediaan rumah aman, dan perlindungan privasi korban. (2) Kendala yang dihadapi unit PPA: kurangnya alokasi dana, kurangnya SDM, sulit meminta keterangan, tingkat pengaduan yang rendah, diselesaikan secara adat, dan takutnya korban kepada orang asing. Kata kunci : korban, pencabulan, Unit PPA, perlindungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:40
Last Modified: 14 Mar 2024 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item