ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN MEKANIKAL ELEKTRIKAL & PLUMBING GEDUNG REKTORAT POLITEKNIK ENJINIRING PERTANIAN INDONESIA

Fickry, Hanafi and Putranesia, Putranesia (2024) ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN MEKANIKAL ELEKTRIKAL & PLUMBING GEDUNG REKTORAT POLITEKNIK ENJINIRING PERTANIAN INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Dok. 1, Fickry Hanafi .pdf

Download (771kB)
[img] Text
Dok. 2, Fickry Hanafi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Dok. 3 Fickry Hanafi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisa pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing pada proyek Gedung Rektorat Enjinering Pertanian Indonesia. Batasan masalah dalam perhitungan ini adalah pekerjaan mekanikal : Air Conditioner(AC)/tata udara, Fire Alarm dan penangkal petir. Pekerjaan elektrikal: Listrik/penerangan, Tata suara dan dan Plumbing: air bersih, air kotor dan vent., Listrik yang dihitung sesuai gambar bestek. mekanikal elektrikal dan plumbing. Perhitungan analisa biaya pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing proyek Gedung proyek Gedung Rektorat Enjinering Pertanian Indonesia yang memiliki luas bangunan ±10,350 m² yang terdiri total 8 lantai dan 1 lantai atap. Untuk nilai proyek keseluruhan yaitu 95.000.000.000 perhitungan biaya menggunakan harga satuan kota Banten tahun 2022 dengan total biaya Pekerjaan MEP sebesar Rp.16.495.840.932,17 berdasarkan harga bangunan negara kota Banten maka diperoleh harga untuk 1 m2 yaitu sebesar Rp1.000.000,00 per m2. Sedangkan pekerjaan MEP pada gedung Rektorat Enjinering Pertanian Indonesia di peroleh harga untuk 1 m2 Sebesar Rp. 737.189,27 m2 Cara pembayaran pada proyek ini adalah perbulan (mounthly progress payment). Jadwal pelaksanaan proyek untuk lingkup pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing yaitu 4 bulan. Cashflow berdasarkan jadwal pelaksanaan yang dibuat dengan uang muka 20%, retensi 5%, .Selisih cash in dengan cash out adalah sama, maka pada bulan ke 4 selisih cashin dengan cash out adalah 0. Kata Kunci : Detail Estimasi, Analisa Biaya, Time Schedule, Kurva S, Cash Flow, proyek Gedung Rektorat Enjinering Pertanian Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Ekonomi Konstruksi
Depositing User: QS FTSP
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:47
Last Modified: 14 Mar 2024 06:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item View Item