ANALISIS TEKNIS ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN KAPAL KM. CAMAR LAUT YANG MENDARATKAN HASIL TANGKAPAN DI PANGKALAN PENDERATAN IKAN SASAK KABUPATEN PASAMAN BARAT

YOGA PRATAMA TRIADI, YOGA PRATAMA TRIADI and Yuspardianto, Yuspardianto (2024) ANALISIS TEKNIS ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN KAPAL KM. CAMAR LAUT YANG MENDARATKAN HASIL TANGKAPAN DI PANGKALAN PENDERATAN IKAN SASAK KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
skripsi asli yoga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover dan bab i.pdf

Download (522kB)

Abstract

RINGKASAN YOGA PRATAMA TRIADI NPM 221001621001, ANALISIS TEKNIS ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN KAPAL KM. CAMAR LAUT YANG MENDARATKAN HASIL TANGKAPAN DI PANGKALAN PENDERATAN IKAN SASAK KABUPATEN PASAMAN BARAT Dibimbing oleh Bapak Ir. Yuspardianto, M.Si. Penelitian ini menggunakan objek penelitian alat tangkap Purse Seine yang pada kapal KM. Camar Laut di Sasak Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan melakukan observasi secara langsung ke lokasi alat tangkap Purse Seine ditinjau dari konstruksi alat tangkap, daerah penangkapan dan jenis ikan hasil tangkapan. Dari penelitian ini ditemukan kesimpulan sebagai berikut: Sayap terbuat dari bahan nilon yang memiliki ukuran 1 Inch dan panjang 100 m. Jumlah pelampung di KM Camar Laut sebanyak 1000 Buah, Pemberat (Sinker) yang digunakan terbuat dari bahan timah karena bahan timah berat dan dapat tenggelam di air laut, Jumlah pemberat pada alat tangkap Purse Seine KM. Camar Laut 900 Kg.Tali ris memiliki ukuran tali nomor 15 baik itu tali ris atas, tali ris bawah, tali pelampung dan tali pemberat dengan panjang tali ris atas 400 m, tali pelampung 430 m, tali ris bawah 430 m dan tali pemberat 450 m. Selvadge dibuat dari benang Plastik yang memiliki ukuran mata jaring 1,5 inch dengan panjang 1 meter dari tali ris atas dengan jaring utama. Tali Ring (Bridel Line) ukuran tali ring nomor 15 dengan panjang tali 1,5 meter. Cincin (Ring) terbuat dari bahan besi putih dengan ukuran 17 Inch dan Tali kolor pada KM. Camar Laut terbuat dari bahan polyethylene (pe). Proses pengoperasian alat tangkap Purse seine yang ada di perairan Sasak, Pasaman Barat, pada KM. Camar Laut penangkapan ikan dengana Purse seine dilakukan pada malam sampai dengan pagi hari. Pengoperasian alat tangkap Purse seine yang ada di perairan Sasak, Pasaman Barat, sangat berpengaruh terhadap musim daerah penangkapan. Pada bulan terang pengoperasian Purse seine tidak bisa dilakukan dan pada musim Barat yang merupakan musim puncak hasil yang didapatkan lebih banyak. Hasil tangkapan alat tangkap Purse Seine pada Camar Laut adalah : layur (Trichiurus Lepterus), Kembung (Rastrelliger sp), Layang (Decafterus Ruselli) dan Tongkol (Euthynnus sp) dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:22
Last Modified: 14 Mar 2024 06:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item View Item