Kekuatan Mengikat Kontrak dalam Penyelsain Sengketa Kelebihan Bayar oleh Dinas Pekerjaan Umum dengan PT. Combina Costraco

Ali Prawinata, Ali Prawinata and Maiyestati, Maiyestati and Zarfinal, Zarfinal (2024) Kekuatan Mengikat Kontrak dalam Penyelsain Sengketa Kelebihan Bayar oleh Dinas Pekerjaan Umum dengan PT. Combina Costraco. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB 1 ALI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA ALI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
TESIS ALI PRAWINATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pasal 1338 KUHPerdata menegaskan kontrak merupakan instrumen yang mengikat kedua belah pihak layaknya undang-undang. Setelah serah terima pekerjaan oleh kedua belah pihak maka kontrak tersebut berakhir. Dinas Pekerjaan Umum melayangkan surat bahwa telah terjadi kelebihan bayar yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum kepada PT. Combina Costraco. Rumasan masalah, 1) Bagaimana kekuatan mengikatnya kontrak untuk menentukan tanggung jawab hukum antara dinas pekerjaan umum dan PT. Combina Costraco dalam sengketa kelebihan bayar? 2) Bagaimana prinsip kekuatan mengikatnya kontrak dapat digunakan untuk melindungi hak-hak PT. Combina Costraco yang terkena dampak dalam sengketa kelebihan bayar? 3) Bagaimanakah penyelesaian sengketa kelebihan bayar diatur oleh prinsip mengikatnya hukum kontrak dan apa implikasinya terhadap hak dan kewajiban masing-masing pihak? Metode penelitian yuridis sosiologis, pengumpulan data dari studi dokumen, wawancara indepth interview disampaikan dengan deskriptif kualitatif. Simpulan (1) Tanggung jawab hukum kedua belah pihak mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah disepakati yang ada dalam kontrak yang menjadi pondasi utama dalam pekerjaan dibuktikan dengan adanya serah terima pekerjaan. (2) Ketidakmunculan tanggapan dari Dinas Pekerjaan Umum dalam sengketa kelebihan bayar menimbulkan ketidakpastian hukum kontrak yang harusnya mengikat guna melindungi hak-hak PT. Combina Costraco. (3) Proses penyelesaian sengketa dilakukan di pengadilan yang harusnya bisa menggunakan alternatif penyelesaian sengketa guna mendapatkan solusi yang terbaik. Kata Kunci : Kelebihan Bayar, Hukum Kontrak, Mengikatnya Kontrak, Penyelesaian Sengketa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:08
Last Modified: 14 Mar 2024 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item