PERANAN PEMERINTAH KOTA PARIAMAN DALAM PENGELOLAAN PASAR RAKYAT MENURUT PERATURAN WALIKOTA KOTA PARIAMAN NOMOR 13 TAHUN 2021 TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PEMBERDAYAAN PASAR PARIAMAN

Mestye Nabila, Nabila and Nurbeti, Nurbeti and Resma Bintani Gustaliza, Resma (2024) PERANAN PEMERINTAH KOTA PARIAMAN DALAM PENGELOLAAN PASAR RAKYAT MENURUT PERATURAN WALIKOTA KOTA PARIAMAN NOMOR 13 TAHUN 2021 TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN DAN PEMBERDAYAAN PASAR PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI Mestye Nabila file 1.pdf

Download (803kB)
[img] Text
SKRIPSI Mestye Nabila file 2.pdf

Download (595kB)
[img] Text
SKRIPSI Mestye Nabila file 3.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (1MB)

Abstract

Pasar Rakyat Kota Pariaman dikelola berdasarkan Peraturan Wali Kota Pariaman Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pedoman dan Pemberdayaan Pasar Pariaman. Dalam pengelolaan pasar tersebut, Pemerintah Kota Pariaman melimpahkan pelaksanaan pengelolaan pasar kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pariaman dan UPTD Pengelola Pasar Pariaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk pengelolaan pasar rakyat oleh Pemerintah Kota Pariaman menurut Peraturan Walikota Kota Pariaman Nomor 13 Tahun 2021. 2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Pariaman dalam melaksanakan pengelolaan pasar menurut Peraturan Walikota Kota Pariaman Nomor 13 Tahun 2021. 3)Apa saja upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kota Pariaman untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pasar berdasarkan Peraturan Walikota Kota Pariaman Nomor 13 Tahun 2021. Penelitian hukum ini menggunakan metode penelitian hukum sosiologis dengan sumber data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan wawancara dan studi dokumen, kemudian diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Bentuk pengelolaan pasar oleh Pemerintah Kota Pariaman berupa kegiatan pengelolaan operasional pasar, penyewaan lapak atau kios, pengawasan dan penertiban pasar, menjaga dan meningkatkan fasilitas pasar, mengumpulkan retribusi dan penyuluhan dan pendidikan kepada pedagang terkait aturan-aturan yang berhubungan dengan pasar. 2) Kendala-kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Pariaman dalam pengelolaan pasar adalah perselisihan antar pedagang, praktik pungli di pasar, dan ketidakpatuhan pedagang dalam hal penyewaan kios. 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah penyuluhan rutin kepada pedagang mengenai aturan pasar dan konsekuensinya, mengadakan dialog dan konsultasi dengan para pedagang, memberikan kesempatan kepada pedagang untuk menyampaikan masukan, keluhan, atau saran memberikan bimbingan dan pembinaan kepada pedagang yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:26
Last Modified: 15 Mar 2024 01:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item View Item