LEAN MANUFACTURING PADA PROSES PRODUKSI DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT DI CV AL FARABI KONTRUKSI BESI & FIBERGLASS

Farhan, Luthfi and Inna, Kholidasari (2024) LEAN MANUFACTURING PADA PROSES PRODUKSI DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT DI CV AL FARABI KONTRUKSI BESI & FIBERGLASS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover & BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI & Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Farhan Luthfi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CV Al Farabi Kontruksi Besi & Fiberglass adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak pada bidang produksi besi dan fiberglass salah satunya adalah seluncuran. Berdasarkan laporan pengamatan awal masih terdapat pekerjaan yang dilakukan secara manual hingga penyusunan material/peralatan pembantu yang masih belum diletakkan pada tempatnya. Kondisi seperti itu, ada kemungkinan akan menyebabkan terjadinya waste. Oleh sebab itu dengan konsep lean manufacturing dilakukan proses identifikasi guna untuk meminimasi waste yang ditemukan. Lean manufacturig merupakan suatu pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi dan mengeliminasi pemborosan (waste) yang terjadi di perusahaan. Dilakukan pemetaan yang menggunakan peta aliran proses (PAP). Mengidentifikasi waste yang didapatkan pada proses produksi, waste yang terdapat adalah waste defect, waste excess transportation dan waste waiting time dan dilakukan penyelesaian akar masalah menggunakan fishbone diagram. Dalam penyelesaian yang menggunakan peta aliran proses didapatkan waste yang terjadi pada saat proses produksi. Konsep lean manufacturing yang menggunakan metode Business process improvement dilakukan perbaikan proses produksi yang menggunakan 6 tools yang terdapat didalam fase streamlining, yaitu duplication elimination, simplification, process cycle time reduction, upgrading, error proving dan standardization.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Teknik Industri FTI
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:06
Last Modified: 18 Mar 2024 02:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18629

Actions (login required)

View Item View Item