IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG KESETARAAN GENDER (KHUSUS KETERWAKILAN PEREMPUAN DI DPRD KOTA PADANG)

Dhiya Ulfah Gusani, Dhiya and Maiyestati, Maiyestati (2024) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG KESETARAAN GENDER (KHUSUS KETERWAKILAN PEREMPUAN DI DPRD KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI DHIYA ULFAH GUSANI FILE 1.pdf

Download (580kB)
[img] Text
SKRIPSI DHIYA ULFAH GUSANI FILE 2.pdf

Download (225kB)
[img] Text
SKRIPSII DHIYA ULFAH GUSANI FILE 3.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (905kB)

Abstract

Pasal 1 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Kesetaraan Gender. Bahwa “Kesetaraan dan Keadilan Gender adalah kondisi relasi perempuan dan laki-laki sebagai mitra sejajar agar mendapat perlakuan yang adil untuk mengakses sumber daya, mengontrol, berpartisipasi, dan memeroleh manfaat pembangunan”. Rumusan masalah: 1) Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Kesetaraan Gender terhadap keterwakilan perempuan dalam berpolitik di DPRD Kota Padang? 2) Apa saja kendala-kendala yang dialami perempuan dalam partisipasi berpolitik di DPRD Kota Padang? 3) Apa saja upaya-upaya partai politik untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dalam partisipasi berpolitik di DPRD Kota Padang? Metode penelitian hukum yuridis sosiologis, sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder, data dikumpulkan melalui studi dokumen dan wawancara, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Implementasi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Kesetaraan Gender terhadap keterwakilan perempuan dalam berpolitik di DPRD Kota Padang, belum terlaksana dengan baik, dikarenakan pandangan masyarakat terhadap stereotip gender dalam politik. 2) Kendala-kendala yang dialami perempuan dalam partisipasi berpolitik di DPRD Kota Padang: adanya stereotip gender, kurangnya dukungan finansial, dan adanya budaya patriarki. 3) Upaya-upaya partai politik untuk meningkatkan keterwakilan perempuan dalam partisipasi berpolitik di DPRD Kota Padang seperti: memberikan pendidikan politik, memberikan dukungan finansial, dan penghapusan stereotip gender.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:23
Last Modified: 15 Mar 2024 02:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18640

Actions (login required)

View Item View Item