PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGIKATAN JAMINAN PERORANGAN SEPEDA MOTOR PADA PT. FIF (FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE) KOTA PADANG

Farhan Kesar Asyakur, Farhan and Yofiza Media, Yofiza (2024) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGIKATAN JAMINAN PERORANGAN SEPEDA MOTOR PADA PT. FIF (FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE) KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file 1 skripsi farhan 20-076.pdf

Download (972kB)
[img] Text
file 2 skripsi farhan kesar (20-076).pdf

Download (565kB)
[img] Text
FILE 3 SKRIPSI FARHAN KESAR (20-076).pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (882kB)

Abstract

Pasal 1820 KUH Perdata, Jaminan perorangan adalah suatu perjanjian dimana seorang pihak ketiga, guna kepentingan si berpiutang,mengikatkan diri untuk memenuhi perikatan si berutang. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan yaitu, Data Primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil Penelitian adalah, 1) Bagaimanakah Pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan perorangan pada PT. FIF Kota Padang? 2) Bagaimanakah penyelesaian dalam perjanjian kredit dalam hal debitur wanprestasi pada PT. FIF Kota Padang? Pelaksanaan Perjanjian Pengikatan Jaminan Perorangan Pada PT FIF Kota Padang, yaitu 1) Adanya penilaian risiko 2) Adanya persetujuan 3) Adanya penandatangan perjanjian 4) Adanya pencatatan jaminan 5) Adanya pelaksanaan jaminan 6)Adanya penyelesaian dan pelunasan. Upaya mencegah wanprestasi 1) Perlunya komunikasi dengan terbuka dan jelas dengan debitur dan coba pahami penyebab wanprestasi dan cari Solusi Bersama untuk menyelesaikan masalah keuangan. 2) Perlunya memahami dan pertimbangkan kondisi keuangan debitur dan mencari Solusi yang adil bagi kedua belah pihak. Kata kunci : Penyelesaian, Debitur, Kreditur, Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:21
Last Modified: 15 Mar 2024 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18641

Actions (login required)

View Item View Item