PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN ADVOKASI KEPADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (Studi di Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Nurani Perempuan dan Lembaga Bantuan Hukum Padang)

Izma Felia, Melani and Hendriko, Arizal (2024) PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN ADVOKASI KEPADA ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL (Studi di Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Nurani Perempuan dan Lembaga Bantuan Hukum Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
SKRIPSI IZMA FELIA MELANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Perlindungan anak diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Kasus tindak pidana kekerasan seksual pada anak yang terjadi pada 2 (dua) anak korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh ADA, DJ dan RO. LSM WCC Nurani Perempuan dan LBH Padang memberikan advokasi kepada anak korban kekerasan seksual. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah peranan LSM WCC Nurani Perempuan dan LBH Padang dalam memberikan advokasi kepada anak korban kekerasan seksual? 2) Apakah kendala yang dihadapi LSM WCC Nurani Perempuan dan LBH Padang dalam memberikan advokasi kepada anak korban kekerasan seksual? Jenis penelitian yang digunakan yuridis sosiologis. Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan wawancara, data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Simpulan: 1) Peranan LSM WCC Nurani Perempuan dalam memberikan advokasi kepada anak korban kekerasan seksual dengan menyediakan rumah aman dan menyediakan layanan medis. Peranan LBH Padang dalam memberikan advokasi kepada anak korban kekerasan seksual dengan cara pendampingan di kepolisian, pendampingan ketika pelaporan, pendampingan ketika Berita Acara Pemeriksaan (BAP), pendampingan di kejaksaan dan pendampingan di pengadilan. 2) Kendala yang dihadapi LSM WCC Nurani Perempuan dan LBH Padang dalam memberikan advokasi kepada anak korban kekerasan seksual berupa kendala internal dan kendala eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:12
Last Modified: 15 Mar 2024 02:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18653

Actions (login required)

View Item View Item