TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENERAPAN PIDANA DALAM KASUS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA YANG DILAKUKAN ANAK KEPADA ORANG TUA KANDUNG (Studi Putusan Nomor 75/Pid.B/2023/PN Kbu)

Muhammad, Dzaky and Syafridatati, Syafridatati (2024) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PENERAPAN PIDANA DALAM KASUS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA YANG DILAKUKAN ANAK KEPADA ORANG TUA KANDUNG (Studi Putusan Nomor 75/Pid.B/2023/PN Kbu). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Skripsi_Muhammad Dzaky.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUPAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tindak pidana pembunuhan berencana sendiri diatur pada Pasal 340 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Sebagaimana contoh kasus Putusan Nomor 75/Pid.B/2023/PN Kbu. Dalam putusan tersebut Terdakwa SBS terbukti secara sah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana kepada orang tua kandungnya. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah penerapan pidana dalam tindak pidana pembunuhan berencana yang dilakukan anak kepada orang tua kandung pada Putusan Nomor 75/Pid.B/2023/PN Kbu? 2) Bagaimanakah pertimbangan hakim terhadap perkara Nomor 75/Pid.B/2023/PN Kbu? Jenis Penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Sumber data yang digunakan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen dan dianalisis secara kualitatif. Penerapan pidana yang diterapkan kepada terdakwa yaitu pidana penjara selama seumur hidup dan membebankan biaya perkara sejumlah Rp.5.000,00 (lima ribu rupiah). Pertimbangan hakim, putusan yang ditetapkan oleh hakim dipertimbangkan terlebih dahulu dengan pertimbangan yuridis berdasarkan dakwaan penuntut umum, keterangan terdakwa, keterangan saksi, barang bukti, peraturan yang dilanggar, serta pertimbangan non yuridis berupa hal yang memberatkan dan meringankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:35
Last Modified: 15 Mar 2024 01:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18690

Actions (login required)

View Item View Item