EFEKTIVITAS ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT DALAM PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA PADANG (STUDI POLRESTA PADANG)

Muhammad, Hanif and Rianda, Seprasia (2024) EFEKTIVITAS ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT DALAM PENANGGULANGAN PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA PADANG (STUDI POLRESTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I COVER, PENGESAHAN,PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf

Download (930kB)
[img] Text
II BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
III FULLTEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) merupakan sistem tilang elektronik berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penerapan sistem ETLE di Kota Padang saat ini belum berjalan efektif, sehingga keberadaannya sebagai solusi untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas berbanding terbalik dengan peningkatan pelanggaran lalu lintas. Rumusan masalah (1) Bagaimana efektivitas penerapan ETLE dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas di Kota Padang? (2) Apa sajakah kendala-kendala dalam menerapkan ETLE untuk menanggulangi pelanggaran lalu lintas di Kota Padang? Jenis penelitian hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian: (1) Penerapan ETLE di Kota Padang dalam menanggulangi pelanggaran lalu lintas belum berjalan efektif dikarenakan kurangnya kamera serta rendahnya kualitas kamera untuk mendeteksi nomor plat kendaraan dan jenis pelanggaran (2) Kendala-kendala dalam penerapan ETLE di Kota Padang ada beberapa faktor, Faktor sarana dan prasarana yang di bawah standar, kurangnya pengetahuan dari masyarakat terhadap penerapan ETLE dan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk penerapan ETLE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:27
Last Modified: 15 Mar 2024 01:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item View Item