TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA RITEL TERHADAP PENGEMBALIAN UANG LOGAM DALAM BENTUK MAKANAN (STUDI KASUS SWALAYAN DI KOTA PARIAMAN)

Daffi, Muhammad and Elyana, Novira (2024) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA RITEL TERHADAP PENGEMBALIAN UANG LOGAM DALAM BENTUK MAKANAN (STUDI KASUS SWALAYAN DI KOTA PARIAMAN). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB 1 REPO Daffi.pdf

Download (945kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Skripsi full Daffi Muhammad.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menurut Pasal 1475 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Perjanjian jual beli adalah suatu perjanjian dimana satu pihak mengikatkan diri untuk menyerahkan benda, sedangkan pihak lain mengikatkan diri untuk memberikan sejumlah uang dengan harga yang telah disepakati. Seiring perkembangan zaman, sistem tukar menukar barang telah diganti dengan mata uang yang sah sebagai alat tukar dan pembayaran yang sah sebagaimana yang diatur dalam Pasal 2 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Ketika berbelanja di toko swalayan saat ini, hal yang sering dilihat adalah perubahan uang kembalian konsumen dalam bentuk makanan. Rumusan Masalah: 1). Apa penyebab pengembalian uang logam dalam bentuk makanan?., 2). Bagaimanakah tanggung jawab pelaku usaha ritel terhadap pengembalian uang logam dalam bentuk makanan?., Jenis penelitian merupakan penelitian hukum empiris, sumber data berasal dari data primer dan berupa wawancara, teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, studi lapangan, observasi, wawancara, data analisis cara kualitatif. Hasil penelitian: 1). Penyebab pengembalian uang logam terjadi karena beberapa kendala yang dihadapi oleh pengusaha ritel yaitu, kurang persedian uang kembalian dalam bentuk logam., 2). Tanggung jawab pelaku usaha ritel terhadap pengembalian uang logam sebagaimana telah diatur pada Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dan juga pada Pasal 23 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:20
Last Modified: 15 Mar 2024 07:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18728

Actions (login required)

View Item View Item