PELAKSANAAN PENGAWASAN DARI BADAN BALAI BESAR PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN (BBPOM) TERHADAP MAKANAN KEDALUWARSA DI KOTA PADANG

Thika, Putri Salma and Adri, Adri (2024) PELAKSANAAN PENGAWASAN DARI BADAN BALAI BESAR PENGAWASAN OBAT DAN MAKANAN (BBPOM) TERHADAP MAKANAN KEDALUWARSA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 THIKA.pdf

Download (739kB)
[img] Text
FILE 1 THIKA.pdf

Download (739kB)
[img] Text
FILE 2 THIKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FILE 3 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FILE 3 SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Makanan kedaluwarsa merupakan salah satu makanan yang dapat membahayakan konsumen jika digunakan. kedaluwarsa berarti telah berlalu atau waktu yang ditentukan telah habis dan apabila dikonsumsi maka pangan tersebut dapat membahayakan kesehatan konsumen. kedaluwarsa jika disimpulkan sehubungan dengan penjualan barang atau penjualan produk kemasan dan makanan yang tidak layak lagi untuk dijual kepada konsumen. Rumusan masalah: 1). Bagaimana tanggung jawab produsen atau pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang menerima produk makanan kemasan kedaluwarsa ? 2). Bagaimanakah bentuk kendala pengawasan BBPOM dalam menindak lanjuti makanan kedaluwarsa? 3). Bagaimanakah bentuk Upaya Pelaksanaan dan Pengawasan makanan kedaluwarsa oleh BBPOM di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi dokumen yang di analisa secara kualitatif. Berdasarkan penelitian di simpulkan bahwa, 1). Tanggung jawab produsen atau pelaku usaha apabila terdapat konsumen yang menerima produk makanan kemasan kedaluwarsa, seperti melakukan ganti rugi dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang sejenis atau setara nilainya. 2). Bentuk kendala pengawasan BBPOM dalam menindak lanjuti makanan kedaluwarsa seperti Sumber daya manusia terbatas, kurangnya pemahaman dari konsumen atau masyarakat, kurangnya pemahaman dari pelaku usaha. 3). Bentuk Upaya pelaksanaan dan pengawasan makanan kedaluwarsa oleh BBPOM di kota padang pihak BBPOM rutin setiap bulan melakukan pemeriksaan ke lapangan seperti ke swalayan ataupun pasar tradisional. Kata Kunci: Pelaksanaan, Pengawasan, BBPOM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:02
Last Modified: 15 Mar 2024 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18743

Actions (login required)

View Item View Item