Arrazaq, Thoriq and Nurbeti, Nurbeti and Resma, Bintani Gustaliza (2024) IMPLEMENTASI PUNGUTAN RETRIBUSI KHUSUS PARKIR DI TEMPAT WISATA PANTAI CAROCOK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
Cover, Lampiran, Abstraks,Kata Pengantar, dan Daftar Isi Thoriq.docx Download (21MB) |
|
Text
BAB I Pendahuluan Skripsi.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB IV Penutup Skripsi.docx Download (19kB) |
|
Text
Fultext Skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Pantai Carocok Painan adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Pesisir Selatan. Tempat parkir menjadi salah satu area penting di objek wisata ini. Terkait hal tersebut, maka retribusi parkir di Pantai Carocok memiliki peran yang signifikan dalam mengatur lalu lintas kendaraan yang masuk ke area objek wisata tersebut. Pengaturan retribusi parkir di Pantai Carocok Pesisir Selatan di atur dalam Peraturan Daerah No 2 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Usaha, Rumusan Masalah: 1) Bagaimana implementasi pungutan retribusi khusus parkir di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan? 2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pungutan retribusi tempat khusus parkir di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan? 3) Apa saja upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam implementas pungutan retribusi tempat khusus parkir di Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan? Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Implementasi pungutan retribusi parkir di Pantai Carocok diatur sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa. 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pungutan retribusi parkir adalah infrastruktur parkir yang terbatas, ketidakpatuhan pengunjung, fluktuasi tingkat pengunjung, dan adanya pungutan tidak resmi yang dilakukan bukan oleh petugas dari Dinas Perhubungan 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala adalah peningkatan kesadaran masyarakat, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 07:06 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18744 |
Actions (login required)
View Item |