ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN STRUKTUR ATAS PADA PROYEK BEKASI MIXED USE DEVELOPMENT TOWER 1 CONDOMINIUM KOTA BEKASI, JAWA BAR

Faris, Hendika and Zulherman, Zulherman (2024) ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PEKERJAAN STRUKTUR ATAS PADA PROYEK BEKASI MIXED USE DEVELOPMENT TOWER 1 CONDOMINIUM KOTA BEKASI, JAWA BAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
FULLTEKS TA (COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan Bekasi Mixed Use Development merupakan pembangunan hotel 31 lantai. Pembangunan Bekasi Mixed Use Development ini berkedudukan di Jl. Ahmad Yani, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Proyek gedung ini merupakan acuan analisa perhitungan untuk Tugas Akhir yang membahas perhitungan struktur atas pada proyek Pembangunan Pembangunan Bekasi Mixed Use Development, dengan jumlah 31 lantai. Untuk mengukur kuantitas item pekerjaan struktur dihitung langsung dengan bantuan aplikasi CAD. RAB dihitung dengan merujuk pada Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang dikeluarkan oleh Permen PUPR No 1 Tahun 2022. Sementara itu untuk harga satuan upah dan bahan diambil dari kota Bekasi Tahun 2022. Rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan disusun dengan menghitung bobot dan durasi pekerjaan masing-masing elemen serta mempertimbangkan metode pelaksanaan pekerjaan. Aliran kas disusun berdasarkan informasi proyek antara lain; metode pembayaran (monthly progress payment), besaran uang muka (10%), retensi (5%) dan rencana durasi pekerjaan. Dari perhitungan kuantitas pekerjaan struktur atas proyek Pembangunan Bekasi Mixed Use Development diperoleh kuantitas pekerjaan kolom, balok, plat lantai, tangga, shearwall. Total biaya pekerjaan yang didapat adalah Rp.63.708.061.386,75 atau Rp.70.715.948.139,29 setelah ditambah pajak. Sementara biaya per meter persegi pekerjaan adalah Rp.2.066.765,98 /m2. Dari rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan diperoleh durasi selama 15 bulan dan aliran kas menunjukkan keseimbangan antara kas masuk dan kas keluar. Kata Kunci: Analisa Biaya Pekerjaan Struktur Atas, RAB, Detail Estimasi, Time Schedule, Cash flow.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Depositing User: QS FTSP
Date Deposited: 15 Mar 2024 08:00
Last Modified: 15 Mar 2024 08:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18756

Actions (login required)

View Item View Item