EVALUASI KINERJA IRIGASI PADA PROGRAM INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT AND MANAGEMENT OF IRRIGATION PROGRAM (IPDMIP) BERBASIS ELEKTRONIK PENILAIAN ASET KINERJA SISTEM IRIGASI (EPAKSI) DI KABUPATEN PASAMAN.

Rini, Mulyani and Bahrul, Anif (2024) EVALUASI KINERJA IRIGASI PADA PROGRAM INTEGRATED PARTICIPATORY DEVELOPMENT AND MANAGEMENT OF IRRIGATION PROGRAM (IPDMIP) BERBASIS ELEKTRONIK PENILAIAN ASET KINERJA SISTEM IRIGASI (EPAKSI) DI KABUPATEN PASAMAN. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Upload 1 (Judul,Pendahuluan,Bab1,Bab2,Bab3,Bab4)_202403151338_46177.pdf

Download (86MB)
[img] Text
Upload 2 (Kesimpulan dan saran dan daftar pustaka)_202403151340_52867.pdf

Download (1MB)
[img] Text
tesis rhama full teks_202403151338_10694.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88MB)

Abstract

Program IPDMIP (Integrated Participatory Developmnet Program) yang dilaksanakan oleh Kabupaten Pasaman dinilai sukses oleh pemerintah pusat. Tujuh daerah irigasi yang mendapatkan bantuan dana dari Program IPDMIP mengalami peningkatan indeks kinerja sistem irigasi dari tahun 2020 sampai tahun 2022. Akan tetapi, berdasarkan Permen PUPR No.12/PRT/Tahun2015 peningkatan kinerja irigasi dari enam daerah irigasi mendapatkan kategori kinerja kurang baik dan satu daerah irigasi dengan kategori kinerja baik. Daerah irigasi kategori kinerja baik (DI Batang Petok) dan daerah irigasi kategori kinerja kurang baik dengan nilai terendah (DI Simpang Dingin Barilas) menjadi perhatian penulis dalam penelitian evaluasi kinerja irigasi pada program IPDMIP berbasis EPAKSI di Kabupaten Pasaman ini. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (mix mehods), dimana evaluasi kinerja irigasi berbasis EPAKSI selanjutnya dilakukan wawancara dan dilakukan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi untuk tahun selanjutnya. Dalam menentukan sumber data digunakan metode purposive sampling. Hasil observasi lapangan didapatkan peningkatan tertinggi dari DI Batang Petok adalah pada komponen organisasi personalia dan sarana penunjang yang saling berkaitan, sedangkan hasil observasi lapangan rendahnya peningkatan DI Simpang Dingin Barilas terlihat pada bangunan intake bendung dimana terjadi penurunan debit air masuk ke saluran karena banyaknya sedimen yang menumpuk pada pintu bendung tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 15 Mar 2024 08:16
Last Modified: 15 Mar 2024 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item