PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PADANG DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM SERENTAK 2024

Aditya Timor Budi Pratama, Adit and Nurbeti, Nurbeti and Resma, Bintani Gustaliza (2024) PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA PADANG DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN POLITIK TERHADAP PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN UMUM SERENTAK 2024. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN (1).pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KPU Kota Padang memiliki peranan memberikan pendidikan politik yang merujuk dalam PKPU Nomor 9 Tahun 2022. Disebabkan rendahnya sosialisasi oleh KPU Kota Padang dalam Pemilu Serentak 2024. Rumusan masalah penelitian: 1) Apa saja bentuk pendidikan KPU Kota Padang terhadap pemilih pemula pada pemilu serentak tahun 2024? 2) Apa saja kendala-kendala KPU Kota Padang dalam memberikan pendidikan politik terhadap pemilih pemula pada pemilu serentak tahun 2024? 3) Apa saja upaya-upaya KPU Kota Padang mengatasi kendala-kendala memberikan pendidikan politik terhadap pemilih pemula pada pemilu serentak tahun 2024?. Metode penelitian menggunakan yuridis sosiologis. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumen dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan: 1) Bentuk pendidikan politik KPU Kota Padang merujuk Pasal 14 PKPU Nomor 9 Tahun 2022 yaitu secara langsung melalui Program KPU Goes to School & Campus dan Program Rumah Pintar Pemilu dan secara tidak langsung melalui penyebaran barang sosialisasi dan media massa online. 2) Kendala–kendala KPU Kota Padang yaitu kurangnya anggaran, sumber daya manusia dan sikap apatisme masyarakat terhadap pemilu. 3) Upaya-upaya mengatasi kendala-kendala KPU Kota Padang dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan politik, mengembangkan metode pendidikan politik dengan lebih menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:54
Last Modified: 18 Mar 2024 02:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18803

Actions (login required)

View Item View Item