TANGGUNG JAWAB DOKTER TERHADAP KORBAN DUGAAN MALPRAKTIK MEDIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA DI PUSKESMAS ULAK KARANG KOTA PADANG

Yolanda, Putri and Yofiza, Media (2024) TANGGUNG JAWAB DOKTER TERHADAP KORBAN DUGAAN MALPRAKTIK MEDIK DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERDATA DI PUSKESMAS ULAK KARANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seorang dokter diwajibkan untuk melaksanakan kewajibannya dan tanggung jawab atas setiap upaya dalam tindakan kedokteran terhadap pasien. Namun, beberapa kesalahan dokter terjadi karena kelalaian atau kealpaan. Kesalahan atau Kelalaian yang dilakukan dokter saat menangani pasien dikenal dalam ilmu kedokteran dengan Malpraktek Medis. Adapun rumusan masalah penelitian ini: 1). Bagaimanakah Bentuk Tanggung Jawab atas Perbuatan Malpraktik Medik?. 2). Bagaimanakah Hubungan Hukum antara Dokter dan Pasien ditinjau dari perspektif Hukum Perdata?. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah metode jenis penelitian yuridis sosiologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder , teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian 1). Bentuk tanggung jawab dokter atas perbuatan malpraktik medik adalah dengan ganti kerugian yang pada kasus tersebut yaitu merujuk pasien ke rumah sakit dan membiayai seluruh biaya pengobatan selama di rumah sakit. 2). Hubungan hukum dokter dan pasien dilihat dari perspektif hukum perdata merupakan hubungan perjanjian antara pemberi jasa dan penerima jasa yang mana berupa upaya dalam tindakan penyembuhan pasien yang disebut dengan perjanjian terapeutik. Perjanjian terapeutik atau disebut juga dengan transaksi terapeutik merupakan hubungan dokter dengan penderita (pasien) yang dilakukan dengan saling percaya (konfidensial), serta diliputi oleh harapan dan kekhawatiran makhluk insani. Kata Kunci : Tanggung Jawab Dokter, Duggaan Malpraktik Medik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:41
Last Modified: 18 Mar 2024 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18818

Actions (login required)

View Item View Item