Pelaksanaan Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Optimal Di Polresta Padang

Dina Amelia Eka Putri, Dina and Dr. Sanidjar Pebrihariati. R., S.H., M.H, Sanidjar (2024) Pelaksanaan Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Untuk Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Optimal Di Polresta Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Dina Amelia Eka Putri File 1.pdf

Download (830kB)
[img] Text
Skripsi Dina Amelia Eka Putri File 2.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Skripsi Dina Amelia Eka Putri File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepolisian merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yaitu pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Rumusan masalah : 1) Bagaimanakah pelaksanaan pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Polresta Padang? 2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi pemilik kendaraan bermotor dalam pengurusan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Polresta Padang? 3) Apa sajakah upaya-upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pemilik kendaraan bermotor dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Polresta Padang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data studi dokumen dan wawancara, dan data dianalisis secara kualitatif agar dapat dipertanggungjawabkan. Dari hasil penelitian disimpulkan 1) Pelaksanaan pelayanan pembuatan SIM di Polresta Padang sudah dilaksanakan secara optimal. Pelaksanaan pembuatan SIM di Polresta Padang terbagi menjadi dua yakni Pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM. 2) Kendala-kendala yang dihadapi pemilik kendaraan bermotor dalam pembuatan SIM di Polresta Padang: a) Gagal dalam tes teori. b) Gagal dalam tes praktek. 3) Upaya-upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pemilik kendaraan bermotor dalam pembuatan SIM di Polresta Padang: a) Polresta Padang memiliki program Coaching clinic. b) Melakukan bimbel gratis secara online terhadap pemohon SIM baik dibidang teori maupun praktek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:58
Last Modified: 18 Mar 2024 01:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item