Peranan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Dalam Pencegahan Tindak Pidana Penelantaran Anak

Dinda Vikaseli Murjanto, Dinda and Syafridatati, Syafridatati and Febrina, Annisa (2024) Peranan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Dalam Pencegahan Tindak Pidana Penelantaran Anak. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI DINDA VIKASELI MURJANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hukum menelantarkan anak di Indonesia diatur secara tegas dalam Pasal 59 ayat 2 huruf m Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang menerima laporan dari tahun 2019 hingga Januari 2023 dengan 21 kasus penelantaran. Rumusan masalah 1) Bagaimanakah peranan DP3AP2KB Kota Padang dalam upaya pencegahan tindak pidana penelantaran anak?; 2) Apa kendala yang ditemui DP3AP2KB Kota Padang dalam melakukan pencegahan tindak pidana penelantaran anak?. Jenis penelitian yuridis empiris; sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder; teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan wawancara; data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Simpulan 1) Peranan DP3AP2KB Kota Padang dalam upaya pencegahan tindak pidana penelantaran anak, yang mana DP3AP2KB Kota Padang tidak terlalu spesifik melakukan tindakan penelantaran anak. DP3AP2KB Kota Padang bekerja sama dengan Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, RSUD dalam kesehatan, Satpol PP dalam menemukan anak di jalanan serta WCC Nurani Perempuan Kota Padang; 2) Kendala DP3AP2KB Kota Padang dalam pencegahan tindak pidana penelantaran anak, kurangnya pemahaman publik tentang pentingnya perlindungan anak dan terbatasnya akses ke sumber daya dan layanan untuk menghindari penelantaran anak, kurangnya kerja sama dari pihak-pihak terkait seperti masyarakat dan organisasi pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:43
Last Modified: 18 Mar 2024 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item