TINJAUAN YURIDIS PENGGUNAAN METODE KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DI INDONESIA

Rohasna, Yuli Hendrita and Helmi, Chandra SY (2024) TINJAUAN YURIDIS PENGGUNAAN METODE KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi rohasna file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi rohasna file 2.pdf

Download (308kB)
[img] Text
skripsi rohasna file 1.pdf

Download (622kB)

Abstract

Media sosial dapat digunakan sebagai sarana kampanye dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di Indonesia. Namun demikian, penggunaannya masih menimbulkan berbagai persoalan. Regulasi yang mengatur kampanye di media sosial PASAL 37 PKPU No 15 tahun 2023 . Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana tinjauan yuridis penggunaan metode kampanye di media sosial dalam Pilpres di Indonesia? 2) Bagaimana bentuk larangan Kampanye Pilpres di media sosial di Indonesia? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif ialah dengan pendekatan perundang-undangan, teori hukum dan konseptual. Hasil penelitian yaitu 1) Kampanye di media sosial di atur dalam 2 ketentuan hukum, yaitu UU Pemilu dan PKPU No 15 tahun 2023 Penggunaan media sosial sebagai sarana kampanye dalam Pilpres di Indonesia saat ini sudah menjadi hal yang umum, namun demikian pengaturannya dalam peraturan perundang-undangan masih belum rinci. 2) Bentuk Larangan kampanye Pilpres di media sosial di Indonesia (a) Dalam UU Pemilu, kampanye diluar jadwal, menghasut dan mengadu domba, melakukan kekerasan, merusak alat peraga, menghina seseorang, (b) PKPU no 23 tahun 2018, dilarang provokatif bermuatan SARA (c) UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik meyebarkan kebencian permusuhan, namun tidak mengatur secara spesifik mengenai penggunaan media sosial. Oleh karena itu, diperlukan pengaturan yang lebih komprehensif terkait pemanfaatan media sosial dalam kampanye Pilpres guna mencegah penyalahgunaan dan menjaga kualitas demokrasi. Kata Kunci: Media Sosial, Kampanye, Pilpres, Tinjauan Yuridis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:33
Last Modified: 18 Mar 2024 01:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18904

Actions (login required)

View Item View Item