STUDI PERBANDINGAN PIDANA MATI DALAM PENAL CODE NEGARA-NEGARA ASEAN (INDONESIA, MALAYSIA, SINGAPURA, VIETNAM, MYANMAR, THAILAND, LAOS, DAN BRUNEI DARUSSALAM)

Khairul Tamimi, Tamimi and Deaf Wahyuni Ramadhani, Deaf (2024) STUDI PERBANDINGAN PIDANA MATI DALAM PENAL CODE NEGARA-NEGARA ASEAN (INDONESIA, MALAYSIA, SINGAPURA, VIETNAM, MYANMAR, THAILAND, LAOS, DAN BRUNEI DARUSSALAM). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Thailand, Laos, dan Brunei Darussalam adalah negara-negara ASEAN yang masih mempertahankan pidana mati dalam Penal Code sebagai salah satu sanksi untuk menghukum pelaku kejahatan. Penelitian ini fokus pada analisis perbandingan perbedaan dan persamaan stelsel pidana mati dalam Penal Code negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Thailand, Laos, dan Brunei Darussalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan peraturan perundang-undangan dan perbandingan hukum; data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang dikumpulkan dengan studi dokumen; data yang terkumpul dianalisis secara deduktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perbedaan yang ditemukan mengenai stelsel pidana mati yaitu mencakup jenis kejahatan yang dapat dihukum mati, cara perumusan pidana mati, batas penjatuhan pidana mati, metode eksekusi mati, serta pengurangan, penambahan, dan pengecualian pidana mati, sedangkan persamaan yang ditemukan yaitu pidana mati disepakati sebagai jenis pidana dengan hirarki tertinggi sebagai pidana paling ekstrem dan menggambarkan pendekatan keras terhadap penegakan hukum dibandingkan dengan jenis pidana lainnya, serta diancam dalam tiga jenis bentuk formulasi perumusan, yaitu tunggal, alternatif, dan kumulatif. Kata Kunci: Perbandingan Hukum, Penal Code, Pidana Mati, ASEAN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:32
Last Modified: 18 Mar 2024 01:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18906

Available Versions of this Item

  • STUDI PERBANDINGAN PIDANA MATI DALAM PENAL CODE NEGARA-NEGARA ASEAN (INDONESIA, MALAYSIA, SINGAPURA, VIETNAM, MYANMAR, THAILAND, LAOS, DAN BRUNEI DARUSSALAM). (deposited 18 Mar 2024 01:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item