PERANAN POLISI MILITER TERHADAP PENINDAKAN TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA MILITER ANGKATAN LAUT (Studi Di Denpom Lanal Padang)

Intan, Nuraini and Rianda, Seprasia (2024) PERANAN POLISI MILITER TERHADAP PENINDAKAN TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA MILITER ANGKATAN LAUT (Studi Di Denpom Lanal Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PENUTUP.pdf

Download (491kB)
[img] Text
Full Text Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tindak Pidana Pembunuhan diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Pasal 338 dan perkara yang melibatkan anggota militer diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1997 Tentang Peradilan Militer. Awal tahun 2023 terjadi kasus pembunuhan yang melibatkan anggota militer angkatan laut. Rumusan masalah : 1 Bagaimanakah peran Polisi Militer dalam penindakan tindak pidana Pembunuhan yang dilakukan oleh anggota militer diwilayah hukum Denpomal Lanal Padang? 2. Apakah faktor penghambat Polisi Militer dalam penindakan tindak pidana Pembunuhan yang dilakukan oleh anggota militer diwilayah hukum Denpomal Lanal Padang? Jenis Penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum sosiologis dengan menggunakan analisis data kualitatif dalam suatu teknik pengumpulan data secara langsung ke lapangan seperti wawancara. Hasil penelitian, 1. Peranan polisi militer dalam penyelesaian perkara, mulai dari proses penyidikan, menerima laporan, mencari barang bukti, melakukan penangkapan/penyitaan, kemudian memanggil saksi untuk penguatan alat bukti meminta keterangan ahli atau tindakan lain yang sesuai dengan wewenang penyidik. 2. Hambatan yang ditemukan dalam proses penyidikan adalah Polisi Militer membutuhkan keterangan saksi dan mencari barang bukti, terbatasnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:22
Last Modified: 18 Mar 2024 07:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item