KAJIAN YURIDIS LARANGAN PENGGUNAAN SENJATA KIMIA DALAM KONFLIK BERSENJATA MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDUDUK SIPIL (STUDI KASUS PENGGUNAAN SENJATA KIMIA DALAM PERANG SURIAH)

Shakila, Ariesta Putri and Dwi, Astuti Palupi (2024) KAJIAN YURIDIS LARANGAN PENGGUNAAN SENJATA KIMIA DALAM KONFLIK BERSENJATA MENURUT HUKUM HUMANITER INTERNASIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDUDUK SIPIL (STUDI KASUS PENGGUNAAN SENJATA KIMIA DALAM PERANG SURIAH). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 Shakila Ariesta Putri 20-057-2.pdf

Download (754kB)
[img] Text
File 2 Shakila Ariesta Putri 20-057.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Full Skripsi Shakila Ariesta Putri 20-057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)

Abstract

Penggunaan senjata kimia dalam konflik bersenjata di Suriah merupakan pelanggaran terhadap Hukum Humaniter Internasional. Meskipun ada peraturan yang mengatur pelarangannya, termasuk Konvensi Jenewa 1925 dan Konvensi Pelarangan Senjata Kimia 1993, Suriah telah menggunakan senjata kimia dalam perang yang berdampak langsung pada penduduk sipil. Permasalahan dirumuskan sebagai: 1) Bagaimana pengaturan larangan penggunaan senjata kimia pada masa perang berdasarkan Hukum Humaniter Internasional? 2) Bagaimana kajian yuridis penggunaan senjata kimia terhadap penduduk sipil berdasarkan Hukum Humaniter Internasional (Studi Kasus Penggunaan Senjata Kimia dalam Perang Suriah)? Jenis penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, metode pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan menggunakan analisis data kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Suriah telah melanggar beberapa konvensi, ketentuan internasional dan Piagam PBB yang menuntut dijaganya ketentraman dan keamanan dunia dengan tetap menggunakan senjata kimia dalam peperangan, padahal sebagai negara berdaulat Suriah telah menandatangani beberapa perjanjian yang secara tegas melarang penggunaan perang kimia dalam peperangan. 2) Penerapan perang kimia di Suriah telah mengancam penduduk sipil yang perlindungannya telah diatur dalam Konvensi Jenewa 1949. Senjata kimia sendiri termasuk ke dalam salah satu senjata yang dilarang digunakan dalam perang karena sangat berbahaya dalam keberlangsungan hidup manusia. Kata Kunci : Senjata Kimia, Hukum Humaniter Internasional, Perang Suriah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:27
Last Modified: 18 Mar 2024 07:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18928

Actions (login required)

View Item View Item