PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 09 SIMPANG UTARA KABUPATEN PASAMAN

Verly, Welianto P and Hidayati, Azkiya (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 09 SIMPANG UTARA KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER - BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
SKRIPSI VERLY WELIANTO P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara Kabupaten Pasaman. yang disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan model belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa menggunakan model Mind Mapping pada siswa kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara, Kabupaten Pasaman. Menurut Azkiya (2018: 96) teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa baik fenomena alam maupun sosial serta budaya. Mind mapping adalah teknik pemanfaatan seluruh otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Lidiasari C (2022: 27-28). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 29 orang. Terdapat siswa laki-laki 14 orang dan 15 orang siswa perempuan kelas V SDN 09 Simpang Utara Kabupaten Pasaman.. Subjek penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara, Kabupaten Pasaman yang Berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar keterampilan menulis teks eksplanasi, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa. Persentase aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I mencapai 69,04 % kemudian pada siklus II persentasenya mencapai 83,92 %. Pada lembar observasi siswa siklus I persentasenya mencapai 67,70 % kemudian pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 80,20 %. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis teks eksplanasi siswa pada siklus I sebesar 70,83% % dengan rata-rata 67,70 dan meningkat pada Siklus II sebesar 83,33% dengan rata-rata 80,20 dengan rata-rata kenaikan sebesar 17,24. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa pada kelas V di SD Negeri 09 Simpang Utara, Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:49
Last Modified: 19 Mar 2024 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18943

Actions (login required)

View Item View Item