PERLAKUAN DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN PASCA PRAHARA KUDETA OLEH TALIBAN TEHADAP PEMERINTAH AFGANISTAN DITINJAU DARI CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORM OF DISCRIMINATION AGAINTS WOMEN ( CEDAW) Tahun 1979

Sahirah, Maharani and Deswita, Rosra (2024) PERLAKUAN DISKRIMINASI TERHADAP PEREMPUAN PASCA PRAHARA KUDETA OLEH TALIBAN TEHADAP PEMERINTAH AFGANISTAN DITINJAU DARI CONVENTION ON THE ELIMINATION OF ALL FORM OF DISCRIMINATION AGAINTS WOMEN ( CEDAW) Tahun 1979. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER SAHIRAH.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I SAHIRAH.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB IV SAHIRAH.pdf

Download (191kB)
[img] Text
skripsi sahirah fixxxx pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Negara Afganistan merupakan salah satu negara yang berbahaya bagi perempuan, dikarenakan krisisnya kemanusiaan sehingga terjadinya diskriminasi terhadap perempuan di negara Afganistan, oleh sebab itu pada tahun 2004 pemerintahan Afganistan meratifikasi salah satu Konvensi internasional untuk mengatasi hal tersebut, Konvensi tersebut yaitu Convention On The Elimination Of All Form Discrimination Againts Women (CEDAW) tahun 1979. Konvensi ini berisikan mengenai aturan tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan diseluruh dunia. Kondisi negara Afganistan pada saat itu mulai membaik dan wanita memiliki peran dalam pemerintahan, dan perempuan memiliki haknya saat konvensi CEDAW telah diratifikasi, meskipun saat itu masih ada juga diskriminasi terhadap perempuan, namun tidak sebanyak sebelum konvensi CEDAW diratifikasi, namun permasalahan terjadi kembali saat Taliban kembali menguasai pemerintahan Afganistan pada tahun 2021 yang dimana diskriminasi terhadap perempuan terjadi lagi seperti larangan bekerja,keluar rumah tanpa didampingi mahramnya, dan memiliki pendidikan. Rumusan masalah 1) Bagaimanakah pengaturan hak perempuan berdasarkan Convention On The Elimination Of All Form Discrimination Againts Women (CEDAW) tahun 1979?, 2) Bagaimanakah perlakuan diskriminasi terhadap perempuan oleh pemerintahan Afganistan ditinjau oleh CEDAW 1979?. Metode penelitian normatif, sumber data yaitu data sekunder, teknik pengumpulan data studi dokumen,data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian 1) CEDAW memiliki 30 pasal yang dimana inti dari pasal tersebut memberikan perlindungan terhadap Hak-hak perempuan, namun nyatanya perempuan Afganistan tidak mendapatkan perlindungan terhadap haknya, masih banyak terjadinya diskriminasi perempuan dan pemerintahan Afganistan tidak melaksanakan isi-isi dari Konvensi CEDAW tersebut, 2) perlakuan diskriminasi pemerintahan Taliban terhadap perempuan Afganistan seperti ruang gerak perempuan dibatasi,larangan memperoleh pendidikan bagi anak perempuan berumur diatas 10 tahun, memiliki pekerjaan, dan hal lainnya yang tentunya bertentangan dari isi konvensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:04
Last Modified: 19 Mar 2024 01:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18959

Actions (login required)

View Item View Item