IMPLEMENTASI METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) DALAM PERHITUNGAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH DINAS WAKIL BUPATI KABUPATEN PASAMAN

Alfarabi, Farid and Sari Ayu, Embun (2024) IMPLEMENTASI METODE PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) DALAM PERHITUNGAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUMAH DINAS WAKIL BUPATI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Laporan TA Farid Alfarabi (1810015211110) Cover, Daftar Isi, Pendahuluan.pdf

Download (16MB)
[img] Text
Laporan TA Farid Alfarabi (1810015211110) Penutup.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Laporan TA Farid Alfarabi (1810015211110) Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Manajemen proyek sangat dipelukan agar suatu proyek bisa berjalan dengan lancer. Sebab jalannya proyek dari awal hingga akhir dikelola oleh manajemen proyek agar hasil yang didapat bisa selaras dengan rencana. Manajemen proyek memuat manajemen waktu, manajemen mutu, dan manajemen biaya. Salah satu metode penjadwalan proyek yaitu PDM (Precedence Diagram Method). PDM adalah jenis jaringan kerja yang umumnya memiliki bentuk segi empat, dengan anak panah hanya sebagai petunjuk untuk menghubungkan kegiatan yang terkait. Salah satu kelebihan utama PDM adalah tidak memerlukan kegiatan palsu (fiktif), sehingga pembuatan jaringan menjadi lebih sederhana, dan hubungan antara kegiatan yang tumpang tindih dibuat tanpa memerlukan kegiatan tambahan. Pada Tugas Akhir ini penulis menerapkan metode PDM pada penjadwalan waktu pada proyek pembangunan Rumah Dinas Wakil Bupati Pasaman. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk diagram jaringan kerja PDM, menghitung durasi pengerjaan proyek dengan metode PDM, dapat mengetahui jalur kritis dari perencanaan penjadwalan dengan metode PDM. Pada metode PDM memiliki 4 Constraint, SS (Start to Start), SF (Start to Finish), FS (Finish to Start), dan FF (Finish to Finish). Dalam penerapan metode PDM ini dilakukan perhitungan maju dan perhitungan mundur secara manual serta menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Project 2019.Dalam penerapan metode PDM pada pembangunan Rumah Dinas Wakil Bupati Pasaman diperoleh durasi pekerjaan selama 116 hari dari jadwal terencana yaitu 120 hari. Dari hasil analisa dengan metode PDM didapat 14 item pekerjaan berada pada lintasan kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:43
Last Modified: 19 Mar 2024 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18994

Actions (login required)

View Item View Item