Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Asam Kumbang Kabupaten Pesisir Selatan

Tessa, Manyolay and Arlina, Yuza and rieke, alyusfitri (2024) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Asam Kumbang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
TESSA MANYOLAY 20-189 i.pdf

Download (846kB)
[img] Text
TESSA MANYOLAY 20-189 ii.pdf

Download (316kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Asam Kumbang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 01 Asam Kumbang, yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, Rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,5 dan meningkat pada siklus II yaitu 87,5. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 65%, meningkat pada siklus II menjadi 80%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IVA SDN 01 Asam Kumbang dapat ditingkatkan dengan model problem based learning. Kata Kunci: Matematika, model problem based learning dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:42
Last Modified: 21 Mar 2024 06:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19037

Actions (login required)

View Item View Item