ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERMUKIMAN KUMUH DITINJAU DARI KRITERIA KEKUMUHAN DRAINASE (Studi Kasus: Desa Tanjung, Kecamatan Hamparan Rawang)

Binta Oktry Herianja, Binta and Zaidir, Zaidir and Wardi, Wardi (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERMUKIMAN KUMUH DITINJAU DARI KRITERIA KEKUMUHAN DRAINASE (Studi Kasus: Desa Tanjung, Kecamatan Hamparan Rawang). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
1 Cover, Halaman Pengesahan persetujuan, Abstrak, Daftar Isi dan bab Pendahuluan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2 Bab Kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3 Full Teks Skripsi dari halaman depan sampai Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 02/PRT/M/2016 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh. Disebutkan bahwa perumahan kumuh adalah perumahan yang mengalami penurunan kualitas fungsi sebagai tempat hunian, sedangkan permukiman kumuh adalah permukiman yang tidak layak huni karena ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat. Kondisi di Desa Tanjung Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh. Kondisi desa Tanjung Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh, berada pada klasifikasi permukiman kumuh, ditinjau dari drainase lingkungan terdapat keruntuhan-keruntuhan saluran drainase, banyak sampah yang dibuang dan menumpuk di saluran drainase sehingga mengurangi efektifitas saluran drainase, banyaknya pembangunan di daerah tersebut, dan kondisi buruk lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja penyebab kekumuhan drainase di Desa Tanjung, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh, mencari faktor dominan serta mencari strategi yang dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kekumuhan drainase di Desa Tanjung, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh untuk masa sekarang dan masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metoda kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada responden. Hasil penelitian yang dilakukan terdapat 5 faktor penyebab kekumuhan drainase yaitu Ketidakmampuan drainase mengalirkan limpasan air, ketidaktersediaan drainase, ketidakterhubungan dengan sistem drainase perkotaan, tidak terpeliharanya drainase, keruntuhan Drainase. Kata Kunci : Faktor, permukiman kumuh, drainase, permukiman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil Magister
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:56
Last Modified: 19 Mar 2024 06:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19046

Actions (login required)

View Item View Item