KAJIAN YURIDIS TERHADAP PLAGIARISME KARYA CIPTA DIBIDANG SENI MUSIK DALAM KONSEP PRINSIP ORISINALITAS BERDASARKAN TRIPs 1994 (STUDI KASUS LAGU ED SEERAN-PHOTOGRAPH)

Nurizal, Susinta and Deswita, Rosra (2024) KAJIAN YURIDIS TERHADAP PLAGIARISME KARYA CIPTA DIBIDANG SENI MUSIK DALAM KONSEP PRINSIP ORISINALITAS BERDASARKAN TRIPs 1994 (STUDI KASUS LAGU ED SEERAN-PHOTOGRAPH). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover&Bab 1 Nurizal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV Nurizal.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Full skripsiiiii Nurizal.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2024.

Download (1MB)

Abstract

TRIPs Agreement merupakan perjanjian yang berkaitan dengan HKI yang berlaku untuk seluruh anggota WTO. Dalam pelaksanaan HKI ada mengenai hak cipta yang diatur dalam TRIPs. Salah satu bagian dari HKI ialah hak cipta, mengenai perlindungan hak cipta diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Meskipun pengaturan sudah jelas tetap saja masih sering juga terjadi pelanggaran. Rumusan masalah:1. Bagaimanakah plagiarisme karya cipta dibidang seni musik dalam konsep prinsip orisinalitas berdasarkan TRIPs 1994? 2. Bagaimanakah implementasi prinsip orisinalitas suatu karya seni musik di Indonesia ?. Jenis penelitian ini ialah penilitian hukum normatif dengan sumber data sekunder dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumen serta data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian : 1. Pengaturan hak cipta dalam TRIPS (Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights) dapat ditemukan dalam bagian II TRIPs Agreement, yaitu dalam Pasal 9 hingga Pasal 21,pelanggaran terhadap hak cipta seni musik dapat mencakup tanpa izin,reproduksi,distribusi,atau pengolahan karya musik tanpa persetujuan dari pemegang hak cipta. 2. Implementasi prinsip orisinalitas suatu karya seni musik di Indonesia juga diatur dalam TRIPs, TRIPs mencakup ketentuan hak cipta yang berlaku di tingkat internasional. Prinsip orisinalitas dalam konteks karya seni musik diimplementasikan dalam TRIPs melalui persyaratan hak cipta, yang mengharuskan karya-karya untuk bersifat orisinal agar dapat mendapatkan perlindungan. Meskipun sudah ada pengaturan yang mengatur tetapi masyarakat masih banyak melanggar ketentuang prinsip orisinalitas dalam menciptakan suatu karya cipta terutama diseni musik. Kata kunci : Plagiarisme, karya cipta, TRIPs Agreement

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:21
Last Modified: 19 Mar 2024 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item View Item