PERAN DIREKTORAT LALU LINTAS POLRES KOTA PAYAKUMBUH DALAM MELAKUKAN PENEGAKAN HUKUM PENGGUNAAN PONSEL PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE SAAT BERKENDARA

vitari, swandi and Alif, Nurrahmad (2024) PERAN DIREKTORAT LALU LINTAS POLRES KOTA PAYAKUMBUH DALAM MELAKUKAN PENEGAKAN HUKUM PENGGUNAAN PONSEL PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE SAAT BERKENDARA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover DLL.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB PENUTUP .pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (39kB)
[img] Text
Restricted to Repository staff oniy.pdf

Download (446kB)

Abstract

Pasal 106 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi. Namun masih banyak ditemukan pengemudi ojek online di Kota Payakumbuh yang tidak mematuhi aturan tersebut sebagaimana contoh kasus pada akhir tahun 2023 seorang pegendara motor ojek online menabrak bus saat berkendaraan karena mengunakan ponsel. Rumusan Masalah yaitu (1) Bagaimanakah proses penegakan hukum terhadap pengemudi ojek online di Kota Payakumbuh yang menggunakan ponsel saat berkendara? (2) Apakah faktor penghambat pihak Direktorat Lalu Lintas Polres Kota Payakumbuh dalam melakukan penegakan hukum terhadap pengemudi ojek online yang menggunakan ponsel saat berkendara?. Metode Penelitian yuridis sosiologis, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil Penelitian : (1) Proses penegakan hukum oleh polisi lalu lintas terhadap pengemudi ojek online yang menggunakan ponsel saat berkendaraan pertama diberikan peringatan dan masih melanggar dilakukan penilanggan. (2). Faktor penghambat pihak polisi lalu lintas dalam menindak pengemudi ojek online adalah adanya penolakan dari pengendara dengan alasan mencari nafkah, masih kurangnya kesadaran pengendara ojek online dan masih ada pihak kepolisian yang tidak tegas dalam menindak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:22
Last Modified: 20 Mar 2024 01:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19123

Actions (login required)

View Item View Item