PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (AV)DI SDIT NURUL IKHLAS PADANG

Rahma, Sinta and Muslim, Muslim (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (AV)DI SDIT NURUL IKHLAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (841kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
SKRIPSI RAHMA SINTA 20-064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan media audio visual di kelas V SDIT Nurul Ikhlas Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana satu siklus terdapat dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes akhir siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar penilaian aspek afektif (A2) dan hasil belajar siswa aspek kognitif (C1 dan C2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian nilai presentase aspek afektif (A2) pada siklus I yaitu 71,4% dengan rata-rata 90,9 meningkat pada siklus II yaitu 85,7% dengan nilai rata-rata 91,6, sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,3%. Kemudian ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif (C1 dan C2) pada siklus I yaitu 45,5% dengan nilai rata-rata 73,2 meningkat pada siklus II menjadi 86,5% dengan nilai rata-rata 88,6 sehingga mengalami peningkatan sebesar 41%. Dapat disimpulkan bahwah terjadi peningkatan hasil belajar afektif (A2) dan kognitif (C1 dan C2) siswa di kelas V SDIT Nurul Ikhlas dan disarankan agar guru menggunakan media pembelajaran media audio visual dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar. Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Media Audio Visual (AV).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:31
Last Modified: 21 Mar 2024 07:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19163

Actions (login required)

View Item View Item