PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) DI SDN 78/III MUKAI HILIR KECAMATAN SIULAK MUKAI KABUPATEN KERINCI

Mevi Shindia, Golin Tifa and Siska, Angreni (2024) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) DI SDN 78/III MUKAI HILIR KECAMATAN SIULAK MUKAI KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI (dari halaman COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPAS melalui pendekatan STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di SDN 78/III Mukai Hilir Kecamatan Siulak Mukai Kabupaten Kerinci yang berjumlah 13 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk ujian akhir siklus. Kreativitas peserta didik dalam belajar pada masing-masing indikator meningkat. Hal ini dapat dilihat pada kreativitas peserta didik dalam membuat produk yaitu 58,65% pada siklus I menjadi 82,69% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran guru pada siklus I dengan rata-rata 70% menjadi 95% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dengan rata-rata 72,30 pada siklus I menjadi 86,15 pada siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar pada siklus I ke siklus II setelah menggunakan pendekatan STEAM. Untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik disarankan menggunakan pendekatan STEAM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:02
Last Modified: 20 Mar 2024 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19181

Actions (login required)

View Item View Item