PERSEPSI ADVOKAT DI KOTA PADANG DALAM MEMAHAMI BATASAN HAK IMUNITAS SEORANG ADVOKAT PADA SAAT MENJALANKAN TUGAS PROFESI DENGAN ITIKAD BAIK

Muhamad, Farhan Montereza and Rianda, Seprasia (2024) PERSEPSI ADVOKAT DI KOTA PADANG DALAM MEMAHAMI BATASAN HAK IMUNITAS SEORANG ADVOKAT PADA SAAT MENJALANKAN TUGAS PROFESI DENGAN ITIKAD BAIK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Skripsi Farhan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan Skripsi Farhan.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV Penutup Skripsi Farhan.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Skripsi Farhann.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Profesi advokat memiliki satu hak privilege (hak mutlak) berupa hak imunitas (kekebalan hukum), dimana seorang advokat tidak dapat digugat secara perdata atau dituntut pidana dalam hal menjalankan tugas profesinya dengan itikad baik di dalam maupun di luar pengadilan. Ketentuan tersebut diatur dalam Pasal 16 Undang-Undang Nomor. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Contoh kasus FY seorang advokat sekitar tahun 2018 telah ditangkap oleh penyidik KPK, karena terbukti telah menghalang-halangi penyidik untuk memeriksa kliennya SN tersangka kasus korupsi E-KTP. Rumusan Masalah : (1) Baimanakah pandangan advokat di Kota Padang dalam memahami batasan hak imunitas seorang advokat pada saat menjalankan tugas profesinya dengan itikad baik? (2) Bagaimanakah upaya organisasi advokat di Kota Padang untuk memberikan pemahaman batasan hak imunitas seorang advokat pada saat menjalankan tugas profesinya dengan itikad baik?. Jenis penelitian yuridis sosiologis, sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumen, data dianalisis secara kualitatif. Hasil Penelitian (1). Adanya persepsi berbeda terkait pemahaman hak imunitas advokat baik dari kalangan advokat sendiri maupun dari pandangan aparat penegak hukum lainnya. (2) Upaya organisasi advokat dalam memberikan pemahaman terkait hak imunitas advokat adalah dengan terus melakukan sosialisasi pada aparat penegak hukum dan masyarakat terutama juga dilakukan pada calon advokat pada saat mengikuti pendidikan advokat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:11
Last Modified: 20 Mar 2024 01:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item