Aulia, Damayanti and Enjoni, Enjoni (2024) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSII.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar (Visual, Auditori, dan Kinestetik) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo yang berjumlah 51 siswa yaitu terdiri dari 25 siswa kelas VA dan 26 siswa kelas VB. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara Non Probability Sampling jenis Sampling Total. Pengambilan data menggunakan angket dengan skala likert berupa pernyataan untuk gaya belajar siswa dan dokumentasi untuk pengumpulan data hasil belajar IPA semester ganjil 2022/2023. Pada hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,352 dengan nilai sig 0,011. Dimana nilai sig r hitung ˃ r tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Didapatkan nilai korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa sebesar 0,352 berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo. Kemudian pada derajat pencapaian deskriptif tertinggi diperoleh gaya belajar visual dengan nilai sebesar 74,76% berada pada kriteria cukup, hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar yang dimiliki siswa kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo cenderung gaya belajar visual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:50 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19225 |
Actions (login required)
View Item |