PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN RELIGIOSITY TERHADAP VOTING INTENTION DENGAN CITRA KADIDAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau)

ADEZA, GUNTIA and Sefnedi, Sefnedi and Reni, Yuliviona (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN RELIGIOSITY TERHADAP VOTING INTENTION DENGAN CITRA KADIDAT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I ADEZA.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA ADEZA.pdf

Download (460kB)
[img] Text
TESIS ADEZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh social media marketing, religiosity terhadap voting intention. Penelitian ini juga menginvestigasikan peran variabel citra kandidat sebagai medisi antara social media marketing, religiosity dan voting intention. Tujuh hipotesis dikembangkan dan diuji dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah theory of reasoned action. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan angket atau kuesioner metode purposive sampling. Variabel diukur dengan menggunakan skala likert lima dengan rentang “sangat tidak setuju”(1) sampa pada “sangat setuju”. Metode pengolahan data mengaplikasikan Model Persamaan Struktural (structural equation model) dengan menggunakan software Smart-Partial Least Square (PLS) 3.0. Jumlah sampel akhir sebanyak 155 responden. Measurement model assessment dan structural model assessment digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian. Setelah lolos dari penilaian model pengukuran, model struktur menunjukan bahwa model mempunyai relevansi dan kekuatan predikrif yang baik. Uji hipotesis menunjukan bahwa citra kandidat memediasi hubungan antara social media marketing dan voting intention, dan citra kandidat memediasi hubungan antara religiosity dan voting intention dengan jenis memediasi complementary mediation. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa empat pengaruh langsung juga signifikan yaitu (i) (i) religiosity dan citra kandidat. (ii) citra kandidat.dan voting intention (iii) citra kandidat memediasi hubungan antara pengaruh religiosity dan voting intention. Dan tiga pengaruh langsung tidak signifikan yaitu pengaruh social media marketing dan religiosity terhadap voting intention, social media marketing terhadap citra kandidat. Dan satu pengaruh tidak langsung tidak singnifikan yaitu citra kandidat memediasi hubungan antara pengaruh social media marketing dan voting intention. Kata Kunci : Social Media Marketing, Religiosity, Citra kandidat, Voting intention.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:48
Last Modified: 20 Mar 2024 04:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item View Item