PERANAN KESATUAN KEPOLISIAN PERAIRAN KEPOLISIAN DAERAH KEPULAUAN RIAU DALAM MENANGGULANGI PERDAGANGAN NARKOTIKA MELALUI JALUR LAUT DI PERAIRAN KEPULAUAN RIAU

Alfath Akbar, Alfath Akbar and Uning, Pratimaratri and Deaf, Wahyuni Ramadhani (2024) PERANAN KESATUAN KEPOLISIAN PERAIRAN KEPOLISIAN DAERAH KEPULAUAN RIAU DALAM MENANGGULANGI PERDAGANGAN NARKOTIKA MELALUI JALUR LAUT DI PERAIRAN KEPULAUAN RIAU. Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I ALFATH.pdf

Download (947kB)
[img] Text
BAB IV - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
TESIS LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perdagangan Narkotika dengan menggunakan jalur laut di wilayah hukum perairan Indonesia pada umumnya dan diperairan Kepulauan Riau pada khususnya hingga saat ini belum dapat ditanggulangi secara maksimal. Berdasarkan liris data yang berhasil dihimpun, pengungkapan kasus Narkotika melalui jalur laut pada tahun 2019 hingga tahun 2022 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini menandakan bahwa peranan Kesatuan Kepolisian Perairan dalam menanggulangi perdagangan Narkotika melalui jalur laut di Perairan Kepulauan Riau belum optimal, sehingga mengakibatkan adanya peningkatan kasus perdagangan Narkotika dengan menggunakan jalur laut. Permasalahan dalam Tesis ini adalah : 1) Bagaimana peranan Kesatuan Kepolisian Perairan Polda Kepulauan Riau dalam menanggulangi perdagangan Narkotika melalui jalur laut di Perairan Kepulauan Riau ?; 2) Apa yang menjadi kendala Kesatuan Kepolisian Perairan Polda Kepulauan Riau dalam menanggulangi perdagangan Narkotika melalui jalur laut di Perairan Kepulauan Riau dan bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut ? Metode penulisan yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian bahwa Peranan Kesatuan Kepolisian Perairan Polda Kepulauan Riau dalam menanggulangi perdagangan Narkotika melalui jalur laut di Perairan Kepulauan Riau saat ini belum optimal. Hal ini ditenggarai dengan semakin meningkatnya transaksi Narkotika dengan menggunakan jalur laut di wilayah hukum Perairan Kepulauan Riau. Kendala yang ditemui salah satunya adalah keterbatasan personel Kesatuan Kepolisian Perairan di wilayah hukum Perairan Kepulauan Riau sebagai Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Patroli Polri yang belum sepadan dengan tingkat dan lalu lintas kejahatan di wilayah perairan Kepulauan Riau yang mengakibatkan belum optimalnya kinerja personel dalam mengimplementasikan perannya mengantisipasi peredaran Narkotika melalui jalur laut. Upaya yang dilakukan salah satunya adalah melaksanakan pembinaan kepada masyarakat perairan dalam mensosialisasikan peraturan perundangundangan, yaitu dengan menyelenggarakan Pemolisian Masyarakat di wilayah peariran dan lingkungan masyarakat perairan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib. Kata kunci: Polairud, Menanggulangi, Perdagangan, Narkotika, Jalur Laut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum Magister
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:17
Last Modified: 20 Mar 2024 05:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item