PENGARUH ATASAN YANG KASAR, KELELAHAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP CYBERLOAFING BEHAVIOR DALAM PENGUJIAN MODERASI (Studi Pada Karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman)

Anggia, Syilfen Vania and Zaitul, Zailtul and Dwi, Fitri Puspa (2024) PENGARUH ATASAN YANG KASAR, KELELAHAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP CYBERLOAFING BEHAVIOR DALAM PENGUJIAN MODERASI (Studi Pada Karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I ANGGIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - DAFTAR PUSTAKA ANGGIA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
TEASIS ANGGIA SYLFEN VANIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian in bertujuan membuktikan dan menganalisis pengaruh kelelahan emosional sebagai mediasi antara atasan yang kasar dengan cyberloafing behavior melalui komitmen organissional sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilaksanakan pada pegawai Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner baik secara langsung atau pun melalui bantuan google form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang diolah melalui program Smart PLS 4.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan Abusive supervision tidak berpengaruh signifikan terhadap cyberloafing behavior pada karyawan kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Kelelahan emosional dan komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap cyberloafing behavior pada karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Pada pengujian dapat dibuktikan kelelahan emosional mampu memediasi hubungan antara atasan yang kasar dengan cyberloafing behavior pada karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, selain itu juga ditemukan Kelelahan emosional tidak memoderasi hubungan antara komitmen orgnisasional dengan cyberloafing pada karyawan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman. Kata Kunci: Cyberloafing Behavior, Atasan yang Kasar, Kelelahan Emosional, & Komitmen Organisasional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:54
Last Modified: 20 Mar 2024 05:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19282

Actions (login required)

View Item View Item