Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Melalui Media Audio Visual Di Kelas I B SDN 03 Alai Timur Padang

Farhan, Elbi Rosyid and Hidayati, Azkiya (2024) Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Melalui Media Audio Visual Di Kelas I B SDN 03 Alai Timur Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI,, DAN BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI .pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara di kelas I B pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 03 Alai Timur Padang, hal ini disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode bercerita melalui media audio visual di kelas I B SDN 03 Alai Timur Padang. Berbicara mengacu pada teori Tarigan sedangkan metode bercerita mengacu pada teori Wahidah dan media audio visual mengacu pada teori Asyhar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 28 orang. Terdapat siswa laki-laki 18 orang dan 10 orang siswa perempuan kelas I B SDN 03 Alai Timur Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 73% meningkat pada siklus II menjadi 78%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 67,5% meningkat pada siklus II sebanyak 87,5%. Hasil aktivitas kemampuan berbicara siswa pada siklus I memperoleh nilai sebanyak 25% dengan rata-rata 56 meningkat pada siklus II menjadi 76%.dengan rata-rata 75,4 Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode bercerita melalui media audio visual pada kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas kemampuan berbicara siswa kelas I B SDN 03 Alai Timur Padang. Saran penggunaan metode bercerita melalui media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran dan penerapan metode berbicara melalui media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan informasi dan bahan perbandingan bagi pelaksanaan penelitian sejenis dan relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:56
Last Modified: 21 Mar 2024 07:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19292

Available Versions of this Item

  • Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Melalui Media Audio Visual Di Kelas I B SDN 03 Alai Timur Padang. (deposited 21 Mar 2024 07:56) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item