PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DARI HASIL KORUPSI (Studi kasus putusan 62/Pid.Sus-TPK/2022/PN Jkt.Pst)

Azzyra Novryyat Nindra, Azzyra and Dr, Uning (2024) PENERAPAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG DARI HASIL KORUPSI (Studi kasus putusan 62/Pid.Sus-TPK/2022/PN Jkt.Pst). Diploma thesis, Universitas Bunghatta.

[img] Text
cover,halaman pengesahan, abstrak pendahuluan,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
simpulan dan saran, daftar pustaka.pdf

Download (475kB)
[img] Text
Skripsi Azy full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sesuai Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 yang membahas pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan Undang-Undang 20 tahun 2001 yang juga membahas pemberantasan tindak pidana korupsi. Dilihat dari satu kasus tindak pidana pencucian uang yang cukup menarik yang terjadi pada tahun 2022 kemarin dengan terdakwa SD yang dibahas dalam putusan Nomor 62/Pid.sus-TPK/2022/Pn Jkt.Pst. Peneliti dalam studi putusan ini merumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan Pidana Penjara terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencucian Uang Hasil Korupsi pada Putusan Nomor 62/Pid.sus-TPK/2022/Pn Jkt.Pst dan 2) Bagaimana Penerapan Pidana terhadap Tindak Pidana Pencucian Uang pada Putusan Nomor 62/Pid.sus-TPK/2022/Pn Jkt.Pst. Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan menggunakan sumber data bahan hukum primer, sekunder, tersier. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan studi dokumen dan analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian saya ini adalah 1) Dalam perkara ini, hakim ada dua pertimbangan yaitu Pertimbangan yuridis dan non yuridis. 2) Penerapan pidana berdasarkan pernyataan terdakwa dan bukti lainnya di persidangan, hakim menyimpulkan bahwa terdakwa telah melakukan tindak pidana pencucian uang dengan maksud menyembunyikan harta atau keuntungan yang diperolehnya dari tindak pidana korupsi, seolah-olah harta yang diperolehnya dari tindak pidana korupsi tersebut dianggap sah dan diperoleh dengan cara yang sah. Kata Kunci: Tindak Pidana, Pencucian Uang, Korupsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:41
Last Modified: 20 Mar 2024 07:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item