UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG

Balqis, Fakhirah Ebsyar and Zulfa, Amrina (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 34 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER SKRIPSI BALQIS FAKHIRAH EBSYAR.pdf

Download (793kB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN dan DAFTAR PUSTAKA BALQIS FAKHIRAH EBSYAR.pdf

Download (98kB)
[img] Text
iii. FULLTEXT SKRIPSI BALQIS FAKHIRAH EBSYAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 34 Air Pacah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V melalui model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 34 Air Pacah yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 73% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,45%. Sedangkan kemampuan berpikir kritis yang dicapai siswa pada siklus I yaitu 48,14% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,18%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk memahami secara teoritis dan praktis model pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:46
Last Modified: 21 Mar 2024 02:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19381

Actions (login required)

View Item View Item