PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN ATAS PEREDARAN PRODUK ROKOK ELEKTRONIK YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL KOMPOSISI ZAT ADIKTIF

Nurhafifah, Natassya and Suamperi, Suamperi (2024) PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN ATAS PEREDARAN PRODUK ROKOK ELEKTRONIK YANG TIDAK MENCANTUMKAN LABEL KOMPOSISI ZAT ADIKTIF. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover Skripsi Repo Natassya.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan Skripsi Repo Natassya.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV Penutup Skripsi Repo Natassya.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Skripsi Repo Natassya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Rokok elektronik yang semakin populer di masyarakat, dampak kesehatan dan keamanannya tetap menjadi perhatian utama. Faktor kurangnya informasi mengenai zat adiktif yang terdapat dalam label produk rokok elektronik menjadi tantangan utama dalam menjaga kesehatan konsumen. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif. Rumusan yang dibahas adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan pengawasan yang dilakukan BPOM atas peredaran produk rokok elektronik yang tidak mencantumkan label komposisi zat adiktif? 2) Apa saja kendala yang di temukan oleh BPOM dalam Melakukan Pengawasan Atas Peredaran Rokok Elektronik yang Tidak Mencantumkan Label Komposisi Zat Adiktif? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan BPOM untuk mengatasi kendala dalam Melakukan Pengawasan Atas Peredaran Rokok Elektronik yang Tidak Mencantumkan Label Komposisi Zat Adiktif? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Hasil Penelitian dan Pembahasan: 1) Pelaksanaan pengawasan yang dilakukan BPOM atas peredaran rokok elektronik yang tidak mencantumkan label komposisi zat adiktif yaitu dengan melakukan pengambilan sampel rokok elektronik untuk selanjutnya dilakukan pengujian laboratorium. 2) Kendala yang ditemukan yaitu kompleksitas komposisi produk rokok elektronik, kurangnya regulasi yang jelas dan keterbatasan sumber daya. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu perbaikan kapasitas internal, kolaborasi dengan industri, pembaruan regulasi, dan peningkatan kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:22
Last Modified: 21 Mar 2024 01:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item