ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI TIMUR

Wafiqoh, Azzahro and Arlina, Yuza (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI TIMUR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V & RUJUKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
SKRIPSI WAFIQ 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pembelajaran matematika terlihat pada penilaian PISA dan TIMSS dengan hasil pencapaian matematika menunjukkan 54% rendah (Ariati, C dan Juandi, D.2020). Hasil observasi pada saat pelaksanaan PLP dan hasil wawancara dengan guru kelas bahwasanya kelas V SD N 03 Alai Timur mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika, dapat dilihat pada saat siswa menyelesaikan soal Ujian Tengah Sumatif Matematika materi operasi hitung campuran bilangan cacah dimana masih banyak siswa yang bingung dalam proses penyelesaiannya, tidak tahu operasi hitung apa yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran bilangan cacah berdasarkan prosedur Newman dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD N 03 Alai Timur yang berjumlah 29 siswa, adapun teknik pengumpulan data dengan memberikan tes essay berupa soal cerita dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh kesalahan yang dominan dilakukan siswa kelas VB SD N 03 Alai Timur dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran bilangan cacah berdasarkan prosedur Newman adalah kesalahan tranformasi masalah (tranformation error), keterampilan proses (procces skill error) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah (1) faktor internal (2) faktor eksternal (3) faktor sistematis dan konsisten (4) faktor icidental.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:40
Last Modified: 21 Mar 2024 04:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19407

Actions (login required)

View Item View Item