EFEK KONSENTRASI KATEKIN DARI GAMBIR DAN TEH HIJAU TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Pseudomonas sp PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Ronald Sohahau, Manao and Reni, Desmiarti and Suparno, Suparno (2024) EFEK KONSENTRASI KATEKIN DARI GAMBIR DAN TEH HIJAU TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Pseudomonas sp PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TESIS i.pdf

Download (326kB)
[img] Text
TESIS ii.pdf

Download (208kB)
[img] Text
TESIS iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

Gambir dan teh hijau mengandung senyawa fungsional yang termasuk dalam golongan senyawa polifenol yang salah satu unsurnya berupa katekin. Katekin memiliki sifat antibakteri karena mempunyai kemampuan untuk merusak membran dinding sel bakteri atau mempresipitasi protein. Bakteri Pseudomanas sp banyak ditemukan pada ikan nila dengan tingkat patogenisitas yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konsentrasi Katekin Gambir dan Teh Hijau untuk menghambat pertumbuhan bakteri Pseudomonas sp ikan nila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tabulasi dan deskriptif. Konsentrasi larutan katekin divariasikan sebesar 4%, 6%, 8%, dan 10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek antimikroba meningkat dengan adanya peningkatan konsentrasi larutan katekin untuk katekin dari gambir dan teh hijau. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif kuat antara konsentrasi dan zona hambat dan larutan katekin gambir dan teh hijau memiliki efek antimikroba terhadap Pseudomonas sp. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan untuk meningkatkan budi daya perikanan ikan nila dimasa yang akan datang. Kata Kunci; Katekin, Gambir, Teh Hijau, Pseudomonas sp.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Pascasarjana > Sumberdaya Perikanan Pesisir dan Kelautan
Depositing User: SP2K Magister
Date Deposited: 21 Mar 2024 05:49
Last Modified: 21 Mar 2024 05:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item